Nadeo Bongkar Cara Unik Shin Tae-yong Evaluasi Timnas Indonesia



Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata membongkar bagaimana cara Shin Tae-yong mengevaluasi performa anak asuhnya setiap selesai pertandingan.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong adalah salah satu pelatih sepak bola yang tegas, disiplin, dan juga tanpa kompromi.

Namun, Shin Tae-yong juga pelatih yang menginspirasi dan memotivasi. Ia bahkan tidak mau duduk di bench setiap kali ada pertandingan, karena memikirkan timnya.

Shin Tae-yong memilih untum berdiri di tepi lapangan dan memberi instruksi di 90 menit jalannya laga. Menang ataupun kalah, itu adalah cara terbaik yang diberikan Shin.

Bagi Nadeo Argawinata, Shin Tae-yong memiliki cara yang baik untuk melatih fisik dan mental, strategi dan taktik, baik ketika sebelum pertandingan, atau saat evaluasi.

"Apalagi dengan Coach Shin, tipikal pelatih yang seperti ini, orangnya tegas, disiplin, keras, pas persiapan apalagi, mental kita dibentuk di situ," ucap Nadeo Argawinata.

"Setiap selesai pertandingan, entah kita menang atau kalah, Coach Shin selalu melakukan evaluasi, kayak meeting," bongkar Nadeo via Tiento Indonesia.

Namun, menurut Nadeo, Shin Tae-yong jarang memuji dan mengulas pertandingan yang bagus. Melainkan, ia lebih sering untuk mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan.

"Dia bicara kalau kita (pelatih) nggak akan ngasih tahu yang bagus-bagusnya, karena menurut dia yang bagus-bagusnya itu bakal diulang lagi, nggak perlu dibahas," jelasnya.

"Tapi yang kurang dari kalian, kita bahas. Di tengah-tengah evaluasi itu, itu yang paling seru sih," kenang Nadeo sembari tertawa.


Pelatih Shin Tae-yong

Nadeo: Evaluasi Timnas Lebih Kompleks

Sementara mengenai teknis evaluasi untuk Tim Nasional Indonesia, Nadeo Argawinata mengaku hampir sama dengan evaluasi tim pada umumnya, tapi juga lebih kompleks.

"Kita nonton video kita main, dibahas sama mereka, dipotong-potong sedemikian rupa, supaya kita tahu kesalahan kita. Intinya sih tetap buat kebaikan kita," tuntas Nadeo.

Nadeo Argawinata sendiri, setelah membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu, ia langsung pulang ke pangkuan Bali United untuk bermain di ajang BRI Liga 1 2021-22.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama