Saddil Ramdani Gerah Dimaki-maki Netizen Lagi Setelah Tidak Dipanggil Timnas Indonesia: Bad Attitude Apa? Saya Tidak Melanggar Apapun

Piala AFF 2022: Indonesia vs Thailand
Pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani terjatuh saat berebut bola dengan pemain Thailand, Sanrawat Dechmitr dalam laga matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Unggahan terakhir saddil Ramdani pada 20 Maret 2024 dipenuhi oleh lebih dari 1.500 komentar dan berisikan banyak ejekan dari warganet yang menyoroti perilakunya dan mengungkit pencoretannya dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar.


Terus-terusan dicemooh netizen, saddil Ramdani lama-lama gerah juga. Winger Sabah FC di Liga Malaysia itu meluruskan penyebab kepulangannya dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

"Sebenarnya saya tidak perlu membahas cacian kalian. Cuma, karena teman-teman netizen menilai saya hanya karena bad attitude," ujar Saddil Ramdani dalam stories Instagramnya.

-Merasa Selalu Disudutkan

Piala AFF 2022, Semifinal Leg 1: Indonesia vs Vietnam
Pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani (kiri) dikawal pemain Vietnam, Nguyen Tuan Anh dalam laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

"Heran kenapa sih selalu teman-teman ini kok menyudutkan saya kalau memang saya bad attitude, diperjelas alasannya lho. Pada kenapa ya?" tulis Saddil Ramdani.

"Bad attitude apa sih yang saya buat sampai kalian maki-maki tiada habisnya? Coba perjelas apa yang saya buat dan apa yang saya langgar lho."

"Jangan cuma memaki, saya merasa didiskriminasi lho seperti ini. Ada apa dengan kalian? Ada apa dengan media? Kalian itu hanya tahu dan percaya sama media yang selalu menyudutkan saya. Setop lah," ungkap pemain berusia 25 tahun itu.

FIFA Match Day Timnas Indonesia Vs Timnas Curacao
Reaksi pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani saat laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/09/2022). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Saddil Ramdani memang didepak oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, hanya beberapa hari sebelum Piala Asia 2023 dimulai. Kondisi itu memicu berbagai spekulasi terkait penyebabnya ditendang dari Skuad Garuda.

Padahal sebelumnya, Saddil Ramdani diyakini bakal menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mengingat performanya yang moncer bersama Sabah FC pada musim lalu.

Dari 26 penampilan dengan Sabah FC, Saddil Ramdani berhasil merangkum tujuh gol dan 16 assist, termasuk enam assist yang dibuatnya di babak penyisihan Piala AFC 2023/2024.

Klaim Tidak Melanggar Apapun

"Saya sama sekali tidak melanggar apapun. Kalau memang saya dipulangkan ya berarti saya kurang baik dalam bermain atau kurang dalam performa," jelas Saddil Ramdani.

"Mungkin saya kalah bersaing. Jangan dikait-kaitkan dengan attitude. Saya sama sekali tidak pernah merugikan orang lain. Saya sama sekali tidak pernah melanggar apapun aturan yang ditetapkan."

"Jadi, setop perlakukan saya dengan tidak baik! Kalian boleh membenci saya karena masa lalu saya, tapi jangan perlakukan saya seakan-akan saya ini orang yang tidak benar seperti ini," tuturnya.

Sudah Beberapa Kali

Saddil Ramdani tidak dipanggil Shin Tae-yong untuk lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Timnas Vietnam. Beberapa waktu lalu, mantan pemain Persela Lamongan ini sempat mengalami cedera.

"Kalian juga perlu ingat saya bangga menjadi diri saya sebagai pribadi yang keras dan jujur," imbuh Saddil Ramdani mengakhiri.

Bukan kali ini saja Saddil Ramdani mendapatkan perlakuan yang kurang pantas dari netizen. Pemain kelahiran Raha, Sulawesi Tenggara, ini juga pernah dirujak warganet karena perbedaan performa di klub dan Timnas Indonesia.



bola.com