Media Asing Sebut Elkan Baggot Sampaikan Selamat Tinggal kepada Timnas Indonesia


 Di tengah timnas Indonesia akan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia Grup F Zona Asia lawan Irak dan Filipina, polemik tentang Elkan Baggot memuncak. Bahkan, media asing menyebut bahwa Elkan baggot sudah menyampaikan selamat tinggal kepada timnas Indonesia.

Polemik ini berawal ketika Elkan baggot tak menanggapi panggilan coach Shin Tae-yong untuk bergabung dengan timnas Indonesia melawan Guinea dalam play-off Olimpiade, 9 Mei di Prancis.

Padahal saat itu tenaga Elkan baggot sangat dibutuhkan, mengingat Indonesia kehilangan beberapa pemain kunci di belakang, termasuk sang kapten Rizky Ridho.

Meski jarak Inggris dan Prancis sangat dekat, Elkan Baggot tak datang dan tak memberi kabar apa pun.

Polemik semakin panas, ketika Shin Tae-yong mengumumakan 22 pemain timnas Indonesia untuk melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024.

Dalam daftar itu, nama Elkan baggot tidak ada.

Ketika ditanya wartawan, Shin Tae-yong enggan memberi komentar, bahkan meminta wartawan menanyakan langsung kepada Elkan Baggot.

Kini, tiba-tiba Elkan baggot membuang nama PSSI dari keterangan profilnya di Instagram pribadi.

Padahal, sebelumnya ia mencantumkan keterangan "Pemain Ipswich Town dan PSSI".

Banyak spekulasi berkembang dan menduga Elkan baggot pun sudah mulai enggan membela timnas Indonesia.

Apalagi ia terus mendapat tekanan dari netizen.

Media asing dari Vietnam, Soha, bahkan secara lebih tegas menyatakan, tindakan Elkan baggot itu sebagai isyarat bahwa ia akan menginggalkan timnas Indonesia.

"Tak dipanggil, pemain naturalisasi itu berencana mengakhiri hubungan dengan timnas Indonesia," demikian tulis Soha seperti dikutip Bolasport.com.

Soha menegaskan, Elkan Baggot bukanlah pemain naturalisasi seperti pemain lain.

Ia sengaja memilih menjadi warga negara Indonesia pada usia 18 tahun, sehingga memiliki latar belakan dan situasi berbeda dari para pemain naturalisasi.

Soal penghapusan nama PSSI di keterangan profil Elkan Baggot pada akun Instagram, diduga sebagai pesan kuatnya untuk menyatakan selamat tinggal kepada timnas Indonesia.

"Langkah itu diduga merupakan keinginan defender Inggtis tersebut untuk menyatakan selamat tinggal kepada sepak bola Indonesia," tulis Soha.

Absennya Elkan Baggot memang cukup disayangkan, namun tampaknya timnas tak terlalu kehilangan.

Sebab, di lini belakang sudah banyak pemain berkualitas yang bisa diandalkan Tim Garuda.

Selain ada Jay Idzes dan Justin Hubner, timnas Indonesia baru saja kehadiran Valvin Verdonk.

Pemain NEC Nijmegen itu berposisi sebagai bek kiri.


bolanas.com