Pemain Asal Belanda Ini Segera Gabung Timnas Indonesia? Datang Saat Timnas Indonesia Sulit Raih Kemenangan ..

Article
Thom Haye, sosok pemain diisukan bakal dinaturalisasi PSSI..
Sumber :
  • Instagram @thomhaye


Thom Haye, pemain keturunan Indonesia yang berasal dari Belanda dirumorkan akan dinaturalisasi oleh PSSI, buat timnas Indonesia berlaga di piala Asia 2023.

Proyek naturalisasi Timnas Indonesia sedang gencar dilakukan oleh pihak PSSI, terutama sejak Erick Thohir didaulat sebagai Ketua Umum PSSI.

Sejumlah nama pemain sedang masuk radar di antaranya adalah Jay idjes, dan Nathan Tjoe-A-On yang dibawa oleh Erick Thohir pada laga Timnas Indonesia kontra Brunei Darussalam.


Nathan Tjoe-A-On. 

Selain itu ada Ryan Flamingo, nama Jay Idzes banyak dibicarakan dan diduga termasuk dalam pemain yang bakal dinaturalisasi PSSI.


Tetapi nama Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On yang dikabarkan segera merampungkan proses naturalisasinya.

Sebagaimana diketahui, pemain keturunan yang mengisi skuad Timnas Indonesia adalah kebanyakan dari lini pertahanan.

Sebut saja Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne patinama

Kini Erick Thohir disebut-sebut akan memperkuat kedalaman skuad Garuda dari lini tengah dan penyerangan. Salah satu nama yang muncul adalah Thom Haye.

Pemain yang kini memperkuat klub kasta teratas Liga Belanda ini berposisi natural sebagai gelandang bertahan, tetapi ia juga bisa dimainkan sebagai gelandang tengah.

Jebolan akademi AZ Alkmaar itu pun mengaku siap untuk membela tim merah putih. Sampai saat ini ia terus menunggu tawaran PSSI untuk menjadi anak asuh Shin Tae-yong.


Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Julio Trisaputra/tvOnenews)

Thom Haye tak ingin bertele-tele, ia menyampaikan bahwa kecil kemungkinan bagi dirinya untuk memperkuat Timnas Belanda. Sehingga lebih baik baginya untuk membela Timnas Indonesia. 

Thom Haye adalah pemain keturunan yang kini bermain di Eredivisie, SC Heerenveen, ia berposisi sebagai gelandang bertahan.

Pemain berusia 28 tahun itu tercatat lahir dan besar di Belanda namun memiliki darah Indonesia yang berasal dari neneknya, yang Sulawesi Utara dan sang kekek berasal dari Solo.

Dengan segala pengalamannya berkarier di Eropa, Thom Haye bisa membuat lini tengah Indonesia semakin kuat, apalagi jika ia diduetkan dengan Marc Klok.  

Berdasarkan data dari situs Transfermarkt Thom Haye pernah memperkuat Timnas Belanda mulai dari usia 15, usia 17, usia 19 hingga usia 21 pada 2015 lalu.

Sebelumnya skuad garuda hanya mampu mencuri satu poin setelah menahan imbang The Azkals dengan skor 1-1, hal itu diraih dengan penuh tensi tinggi dan perjuangan di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona asia.

Tim asuhan Shin Tae-yong sempat tertinggal dari gol Patrick Reichelt di menit 23, Timnas Indonesia baru bisa mencetak gol di menit ke-77.

Gol timnas ini berawal dari aksi memukau dari Ricky Kambuaya yang menusuk pertahanan dari Filipina, lalu memberikan umpan silang kepada Saddil.

Saddil pun langsung memberikan tendangan first touch yang membobol gawang Filipina.

Dari hasil dua laga tandang timnas ini, hanya meraih satu poin. setelah sebelumnya kalah telak dari Irak dengan skor 1-5 di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023).


tvonenews.com