Pemain Liga Champions Ini Ngebet Ingin Dinaturalisasi Timnas Indonesia, Bisa Dipakai Shin Tae-yong di Piala Asia 2024 Mendatang?


Instagram @kevindiks2
 Publik pecinta Timnas Indonesia dikejutkan dengan aksi kode pemain yang tampil di Liga Champions 2023/2024 ini. Di Instagram-nya, Bek FC Copenhagen ini sudah memasang bio sebagai keturunan Indonesia - Belanda.

Program PSSI untuk memulangkan pemain keturunan Indonesia grade A yang berkarier di luar negeri nampaknya berhasil. Pasalnya kian hari semakin banyak pemain yang tertarik untuk membela tim merah putih.

Apalagi sejauh ini pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah mampu menunjukkan prestasi, sebagai bukti bahwa program memulangkan pemain keturunan grade A adalah tepat.

Shin Tae-yong bahkan sempat terbang sendiri ke Belanda untuk memantau bakat-bakat pemain keturunan itu. Namun siapa sangka jika kini para pemain itu sendiri yang datang ingin dinaturalisasi pemerintah Indonesia. 


Salah satu pemain Liga Champions 2023/2024 yang ngebet gabung Timnas Indonesia
Nama bek FC Copenhagen itu adalah Kevin Diks. Ia memiliki darah Belanda-Indonesia dan sebenarnya sudah lama pernah hampir dinaturalisasi. 

Namun saat itu kedua orang tua Kevin Diks tidak mengizinkannya. Pemain kelahiran 6 Oktober 1996 digadang-gadang bisa membela Timnas Belanda. 

Berjalannya waktu, karier Kevin Diks memang semakin gemilang. Terbaru, ia berhasil mengantarkan FC Copenhagen lolos ke kompetisi paling bergengsi se-benua biru, Liga Champions 2023/2024.  


Copenhagen berhak melaju ke babak grup Liga Champions setelah menyingkirkan wakil Polandia Raków Częstochowa. 

Selain sebagai bek tengah, ia juga bisa tampil sebagai bek kiri. Kemampuan versatile-nya dapat dimanfaatkan Shin Tae-yong untuk memperdalam skuad Timnas Indonesia.

Saat tampil melawan melawan Galatasaray Kevin Diks berhasil mencatatkan 4 sapuan bersih dan 2 duel udara.

Selain itu, ia membukukan 76 persen akurasi umpan dan 1 kali umpan kunci untuk The Lions. 

Apabila benar Kevin Diks diproses naturalisasi, Shin Tae-yong bisa memanfaatkannya di ajang Piala Asia 2024 mendatang.