5 Pemain Keturunan Grade A di Eropa yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia, Nomor 1 Bermain di Liga Inggris 2022-2023!


SEBANYAK 5 pemain keturunan grade A di Eropa yang bisa perkuat Timnas Indonesia akan dibahas Okezone di artikel ini. Salah satu di antaranya, merupakan pemain yang membela klub Liga Inggris 2022-2023.

Timnas Indonesia akan mentas di putaran final Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Tim besutan Shin Tae-yong itu tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam pada turnamen bergengsi antarnegara Asia tersebut.


Berikut 5 Pemain Keturunan Grade A di Eropa yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia:

5. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen merupakan winger FC Gronigen yang mentas di Liga Belanda. Pemain 25 tahun ini miliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Selain beroperasi sebagai winger, Ragnar Oratmangoen juga pandai dioperasikan sebagai gelandang.

PSSI sempat berniat menaturalisasi Ragnar Oratmangoen pada akhir 2021 meski pada akhirnya gagal. Namun, jika nantinya PSSI kembali mendekatinya, Ragnar Oratmangoen mengatatakan terbuka. “Ya, tentu!,” singkat Ragnar Oratmangoen, mengutip dari YouTube Yussa Nugraha.

4. Thom Haye



Thom Haye juga merupakan pemain keturunan yang saat ini bermain di Liga Belanda bersama SC Heerenveen. Pemain 28 tahun itu tercatat lahir dan besar di Belanda, namun memiliki darah Indonesia yang berasal dari kakeknya yang merupakan orang Sulawesi Utara.

Beroperasi gelandang bertahan, Thom Haye bisa membuat Timnas Indonesia jauh lebih kuat di lini tengah sebagai tandem dari Marc Klok. Menurut Transfermarkt, ia pernah memperkuat Timnas Belanda U-21 pada 2015 dengan 9 caps, U-20 pada 2014, U-19 pada 2012, U-17 pada 2011, U-16 pada 2010, hingga U-15 pada 2009.

3. Emil Audero


Emil Audero adalah kiper Sampdoria yang sempat kencang diberitakan masuk dalam program naturalisasi PSSI. Sayangnya, kiper 26 tahun itu pernah menolak ajakan dari PSSI pada 2017.

Kemudian, PSSI sempat mencoba kembali mendekati Emil Audero pada 2022 silam, tetapi kiper Sampdoria itu tak memberikan kabar yang pasti. Kabarnya, kiper 26 tahun itu justru ingin bermain untuk Timnas Italia. Namun, bukan tidak mungkin suatu saat akan ada masanya Emil menerima panggilan Timnas Indonesia.

2. Jairo Riedewald


Jairo Riedewald merupakan gelandang bertahan yang membela klub Liga Inggris 2022-2023, Crystal Palace. Ia adalah pemain keturunan Ambon yang lahir di Haarlem, Belanda, 9 September 1996.

Pemain 26 tahun itu memiliki darah keturunan Indonesia berasal dari ibu dan neneknya. Berkat pengalamannya di Liga Inggris, Jairo Riedewald bisa saja dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.


1. Pascal Struijk

Pascal Struijk

Meskipun masih berusia 23 tahun, Pascal Struijk sukses masuk dalam tim utama Jesse Marsch musim ini sebagai bek tengah. Penampilannya di Leeds United juga tergolong sangat baik. Sebab itu, ia bisa dinaturalisasi untuk perkuat Timnas Indonesia


bola.okezone.com