Cek Fakta: Dapat Syafaat Lailatul Qodar, Eks Bek Manchester City Setuju Gabung Timnas Indonesia, Benarkah?

Cek Fakta Eks Bek Manchester City (Youtube

Beredar video dengan narasi yang menyebutkan eks bek Manchester city dan Arsenal, sead kolasinacmendapat syafaat Laitul Qodar hingga setuju gabung ke timnas Indonesia. 

"DAPAT SYAFAAT Lailatul Qadar !! PEMAIN KETURUNAN SETUJU GABUNG TIMNAS - PSSI GERAK CEPAT," tulis judul video yang diunggah akun Youtube Kreator Bola. 

Pada video juga terdapat thumbnail dengan foto serta narasi yang seolah-oleh selara dengan judul. 

Di thumbnail terlihat foto Kolasinac dengan mengenakkan baju timnas Indonesia. 

"Kolasinac: Impian saya terwujud duet dengan Jordi Amat," tulis narasi pada thumbnail. Penelusuran: 

Video dengan narasi yang menyebutkan bahwa Sead Kolasinac mendapat syafaat Lailatul Qodar hingga putuskan untuk membela Timnas Indonesia memuat informasi yang menyesatkan dan keliru. 

Pada thumbnail disebutkan bahwa Kolasinac merupakan pemain keturunan. Faktanya, bek yang saat ini bermain di Marseille tidak memiliki darah Indonesia. 

Ia lahir di Jerman dan memiliki kewarganegaraan Bosnia dan Herzegovina. Selain itu, pada video dengan durasi 3 menit 4 detik itu juga tidak memuat fakta terverifikasi bahwa PSSI kemudian bergerak cepat untuk naturalisasi eks bek Manchester City tersebut. 

Di video justru memuat informasi soal sepak terjang Joey Suk, gelandang yang memiliki darah Indonesia dan Belanda. 

Narator dalam video membacakan ulang perihal kemampuan Joey Suk. Di video juga terdapat potongan video aksi dari Joey Suk. Video juga hanya memuat informasi palsu, yang antara isi video dengan judul serta thumbnail mengandung clik bait. 

Kesimpulan: 

Dari hasil penelusuran, video dengan judul bahwa eks bek Manchester City mendapat syafaat Lailatur Qodar dan putuskan bela timnas Indonesia adalah jenis konten HOAX. 


moots.suara.com