Shin Tae-yong Temukan Permata Berkilau yang Siap Jadi Mesin Gol Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023

   

Terbukti, pemain yang memiliki nama lengkap Rafael William Struick itu sukses mencetak gol pertama untuk Timnas Indonesia U-20 ke gawang Slovakia U-20 pada debutnya dalam lanjutan Costa Calida Region de Murcia Football Week. Laga itu digelar di Pinatar Arena, Spanyol, Sabtu 19 November 2022.

Rafael Struick

Sayangnya, gol Rafael Struick tak mampu menyelamatkan skuad Garuda Nusantara yang kalah 1-2 dari Slovakia U-20. Padahal, Timnas Indonesia U-20 sebenarnya memimpin lebih dulu lewat gol yang dicetak Rafael Struick pada menit ke-28.

Striker Ado Den Haag itu menyontek umpan dari Dzaky Asraf. Gol itu membawa Garuda Nusantara memimpin, sebelum akhirnya takluk.


Saat ini, Rafael Struick berstatus sebagai pemain dari klub Belanda, Ado Den Hag, yang kini bermain di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda. Bomber 19 tahun itu tinggal dan dibesarkan di Negeri Kincir Angin.

Lantas, seperti apa perjalanan karier Rafael Struick? Pemain keturunan Belanda itu memulai karier dengan menimba ilmu di Forum Sport. Kemudian pada 2020, Rafael Struick bergabung dengan akademi RKAVV Leidscgendam.

Baru pada Juli 2020, Rafael Struick bergabung dengan Akademi Ado Den Hag U-18. Selanjutnya, ia naik tingkat bersama Ado Den Haag U-21 pada Juli 2021. Kini, ia sudah bersama tim senior Ado Den Haag sejak musim panas 2022.

Berkat penampilannya yang menjanjikan sebagai winger kiri bersama Ado Den Haag, Rafael Struick pun masuk radar PSSI dan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Alhasil, Rafael Struick lantas mendapat undangan dari PSSI untuk membela Timnas Indonesia U-20.

Respons Rafael Struick untuk membela Timnas Indonesia U-20 pun sangat positif. Bahkan, Rafael Struick juga ikut Timnas Indonesia U-20 saat melakukan pemusatan latihan di Eropa beberapa waktu yang lalu dan mencetak gol pertama ke gawang Slovakia U-20.

Rafael Struick

Untuk kabar terbaru, Rafael Struick bersama Ivar Jenner dan Justin Hubner telah disetujui proses naturalisasinya oleh DPR RI. Ketiga pemain itu diproyeksikan Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni di Indonesia.

Sebatas informasi, Rafael Struick lahir di Zoetermeer pada 27 Maret 2003. Ayahnya bernama Brian Struick, sedangkan ibunya bernama Soraya Noraly Soedito. Orangtua Rafael Struick merupakan warga negara Belanda.

Akan tetapi, sang nenek Rafael Struick yang berasal dari ayah memiliki darah Semarang. Nenek Rafael Struick bernama Eleonora Fredrika Rientsma Struick lahir di Semarang pada 24 April 1942. Sebab itu, Rafael Struick memiliki darah Indonesia.



bola.okezone.com