Tak Dengarkan Nasihat Shin Tae-yong, Marselino Ferdinan Resmi Gagal Tampil di Liga 1 Belgia Musim Depan

   

BINTANG Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan, resmi gagal tampil di Liga 1 Belgia (Liga Pro Belgia) musim depan atau 2023-2024. Nasib sial menghampiri wonderkid 18 tahun itu setelah tak mendengarkan nasihat pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong.

Marselino Ferdinan resmi bergabung dengan klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze pada Rabu 1 Februari 2023 usai berpisah dengan Persebaya Surabaya. Gelandang andalan Timnas Indonesia U-20 itu dikontrak KMSK Deinze hingga 30 Juni 2024 dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong pernah memberi saran kepada Marselino Ferdinan)

Namun, Shin Tae-yong kecewa Marselino Ferdinan memilih bergabung dengan KMSK Deinze. Juru taktik asal Korea Selatan itu memberi nasihat kepada Marsel -sapaan akrab Marselino Ferdinan- agar pindah klub setelah Piala Dunia U-20 2023

Alasan Shin Tae-yong tak setuju dengan keputusan Marselino Ferdinan karena seharusnya ia bisa bergabung dengan klub yang lebih baik daripada KMSK Deinze kelar Piala Dunia U-20 2023. Sebab, ketika ambil bagian di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023, ada banyak pemandu bakat yang memantau permainan Marselino.

“Sayang kesempatannya hilang untuk mendapatkan tim yang lebih baik. Seharusnya (Marselino mencari klub baru) setelah Piala Dunia U-20 selesai,” ungkap Shin Tae-yong di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu 8 Februari 2023, mengutip dari ANTARA.


Di sisi lain, sejak menandatangani kontrak bersama KMSK Deinze, Marselino Ferdinan belum pernah menjalani debut. Gelandang lincah andalan Shin Tae-yong itu melewatkan dua laga Liga 2 Belgia atau Challenger Pro League 2022-2023.Terbaru, Marselino Ferdinan tidak masuk skuad KMSK Deinze saat kalah 2-3 dari RSCA Futures pada Minggu 12 Februari 2023 dini hari WIB. Kekalahan itu sekaligus membuat KMSK Deinze finis di peringkat ke-8 klasemen akhir musim reguler.

Marselino Ferdinan

(Marselino Ferdinan gabung KMSK Deinze)

Dengan begitu, KMSK Deinze gagal promosi ke Liga 1 Belgia. Sebab, kompetisi Liga 2 Belgia memiliki format berbeda dengan kompetisi negara Eropa lainnya, yang mana hanya diikuti 12 tim peserta.

Sebanyak 12 tim itu dibagi menjadi dua grup yaitu grup promosi dan grup degradasi. Enam tim teratas berhak bersaing memperebutkan tiket ke Liga 1 Belgia musim depan, sedangkan enam tim terbawah harus berjuang untuk menghindari degradasi.

Karena itu, KMSK Deinze tak mampu promosi ke kasta tertinggi Liga 1 Belgia 2023-2024. Marselino Ferdinan pun harus mengubur mimpinya untuk tampil di Liga 1 Belgia (Liga Pro Belgia) musim depan atau 2023-2024 setelah tak mendengar nasihat dari Shin Tae-yong. Marselino Ferdinan bisa main di Liga 1 Belgia musim depan, asalkan pindah ke salah satu kontestan Liga 1 Belgia 2023-2024.


bola.okezone.com