Bukan Audero Mulyadi, kiper keturunan Indonesia – Belanda dikabarkan dipanggil PSSI.

Kiper jebolan akademi Ajax Amsterdam bernama Dayen gantenaar diisukan menjadi pengganti Nadeo Argawinata di pos penjaga gawang utama Timnas.

Bahkan dalam thumbnail sampul video ditampilkan PSSI secara resmi memanggil kiper yang saat ini merumput di Liga Belanda.

Video yang diunggah youtube Istana Bola dengan judul ’Semakin Mantap!! Dayen Gentenaar Bela Timnas Tanpa naturalisasi– Kiper UEA Pengganti Nadeo’ sudah ditonton 11 ribu kali.


Beberapa potongan video yang ditampilkan terlihat menunjukkan aksi sang pemain saat membela klubnya.

Lalu apakah kabar yang pertama kali diunggah pada (30/1) itu benar?

CEK FAKTA

Setelah ditelusuri, tidak ada satupun keterangan di video yang menjelaskan Dayen Gentenaar dipanggil timnas Indonesia.

Dalam keterangan narator disampaikan kiper tersebut hanya tertarik membela Timnas Indonesia.


“Ada satu pemain keturunan berdarah Sunda yang tertarik membela Timnas Indonesia, nama Dayen Gentenaar tengah menjadi perbincangan publik setelah diisukan masuk dalam daftar calon pemain naturalisasi bidikan Shin Tae-yong dan PSSI,” bunyi keterangan dalam video.

Tidak ada penjelasan narator yang sesuai dengan judul video, sebab isi dalam video hanya membahas rumor sang pemain.

Fakta lain yang ditemukan, kiper tersebut bukanlah asal Uni Emirates Arab (UEA), ia hanya pernah merumput di klub Liga UEA sebelum akhirnya kembali ke Belanda.

Di sampul video pemain tersebut diedit sedemikian rupa seolah-olah bersama Shin Tae yong memegang jersey Timnas, namun faktanya itu merupakan foto Dayen saat memegang bola pada latihan bersama klub UEA Wahda Reserve 2021 silam.

Itulah fakta yang sebenarnya terkait Dayen Gentenaar, adalah kabar hoax pemain kiper UEA dipanggil Shin Tae yong tanpa naturalisasi.***


denpasar.suara.com