3 Kemarahan Shin Tae-yong di TC Timnas Indonesia U-20 Jelang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Mengejutkan!

SEBANYAK 3 kemarahan Piala Asia U-20 2023 akan diulas Okezone. Sejak Rabu, 1 Februari 2023, Shin Tae-yong menggelar TC Timnas Indonesia U-20 di Jakarta.

Selama kurang lebih satu minggu memimpin TC skuad Garuda Nusantara, Shin Tae-yong beberapa kali dibuat kesal sehingga emosinya tak tertahankan. Lantas, apa saja kemarahan yang ditunjukkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20?

Berikut 3 kemarahan Shin Tae-yong di TC Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Asia U-20 2023:

3. Pemain Belum Lengkap



Muhammad Ferrari

(Muhammad Ferrari belum gabung TC Timnas Indonesia U-20)

Dari 30 nama yang dipanggil, baru 21 personel yang mengikuti TC. Hal itu berarti, ada sembilan nama yang belum bergabung karena berbagai alasan. Mulai belum dilepas sang klub, hingga bergabung dengan klub Eropa.

Mereka yang belum bergabung adalah Dony Tri Pamungkas, Muhammad Ferrari, Alfriyanto Nico, dan Cahya Supriadi (Persija Jakarta). Selain itu, ada Robi Darwis, Ferdiansyah, dan Kakang Rudianto (Persib Bandung). Terakhir ada dua pemain yang baru gabung klub Eropa, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Ketiadaan nama-nama di atas praktis membuat pusing Shin Tae-yong. Sebab, Piala Asia U-20 2023 sebentar lagi bergulir, yang mana digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023.

"Sebentar lagi ada mini turnamen antara 4 negara di Jakarta. Tetapi, sampai saat ini ada klub yang

belum lepas pemain ke Timnas, saya belum mengerti kenapa dan sedikit kecewa dengan situasi," kata Shin Tae-yong.

2. Pemain Malas Lari


Hokky Caraka

Pemain-pemain yang hadir di TC Timnas Indonesia U-20 pun belum cukup memuaskan Shin Tae-yong. Pelatih 52 tahun itu menyebut dua pemain Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka dan Frezy Al-Hudaifi malas berlari.

“Melihat data pagi hari ini, Hokky dan Frezy, dua pemain ini bisa lari tapi tidak berlari. Kalau berlari capek, harus dimaksimalkan dan ditingkatkan lagi. Jika tidak ada usaha, maka kalian bakal berada di situ-situ saja,” tegas Shin Tae-yong.

1. Pergi Tanpa Izin


Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh memutuskan melanjutkan karier di Eropa. Ronaldo Kwateh hampir pasti gabung klub Liga 2 Turki, Bodrumspor. Sementara Marselino Ferdinan bergabung ke salah satu klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze.

Sayangnya, kedua nama di atas tidak berkomunikasi dengan Shin Tae-yong sebelum memutuskan hengkang ke Eropa. Akibat hengkang ke Eropa, keduanya berpotensi absen di Piala Asia U-20 2023.

“Sejak beberapa waktu lalu saya memang sengaja menurunkan Marselino dan Ronaldo di Timnas U-23 dan senior. Semua itu karena saya ingin membuat tim inti untuk skuad Piala Dunia U-20. Namun, mereka pergi tanpa berdiskusi dengan pelatih kepala timnas Indonesia, yaitu saya dan PSSI,” kata Shin Tae-yong mengutip dari ANTARA.

Shin Tae-yong menilai, seharusnya Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh pindah klub setelah Piala Dunia U-20 2023. Sebab, di Piala Dunia U-20 2023 akan banyak pemandu bakat yang memantau permainan mereka.


bola.okezone.com