10 Pemain Keturunan Indonesia yang Pilih Bela Timnas Negara Lain, Nomor 1 Eks Bintang Manchester United

   

10 pemain keturunan Indonesia yang pilih bela timnas negara lain menarik dikulik. Sebab, Indonesia sebenarnya berusaha mengembangkan persepakbolaan dengan berbagai cara, salah satunya melakukan naturalisasi pemain agar memperkuat Timnas Indonesia.

Dahulu, Indonesia melakukan naturalisasi pada pemain asing yang bermain bagus di Liga Indonesia, seperti Cristian Gonzales, Beto Goncalves, Fabiano Beltrame, dan lain sebagainya. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia fokus menaturalisasi pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia dengan kualitas mumpuni yang berkiprah di Eropa.

Meski memiliki darah keturunan Indonesia, beberapa pemain ini justru lebih memilih memperkuat timnas negara lain. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.


10. Fandi Bersaudara


Irfan Fandi

Jika kita menyaksikan pertandingan Piala AFF, dalam jajaran pemain Singapura, terdapat nama Irfan Fandi, Ikhsan Fandi, dan Ilhan Fandi. Tiga bersaudara ini merupakan anak dari Fandi Ahmad, mantan pesepakbola yang berasal dari Gresik Jawa Timur.

Kendati Fandi Ahmad membela Timnas Indonesia, ketiga anaknya itu kompak memilih membela negara lain. Mereka memperkuat Timnas Singapura.

9. Noh Alam Shah


Noh Alam Shah

Publik sepakbola Tanah Air tentu tidak asing dengan mantan striker Arema, Noh Alam Shah. Pemain yang akrab disapa Along ini ternyata memiliki garis keturunan Indonesia dari sang kakek.

Diketahui, kakek Along adalah orang asli Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Namun sayangnya, Along memilih untuk memperkuat Timnas Singapura.

8. Massimo Luongo



Massimo Luongo

Massimo Luongo merupakan pemain Australia yang memiliki garis keturunan Indonesia. Ibunya merupakan putri dari Sultan Bima dan Dompu Aa Sirajuddin.

Namun, Luongo memilih untuk membela Timnas Australia. Dia pun sempat bermain di Piala Dunia pada 2014 dan 2018.


7. Kenny Tete


Kenny Tete

Kenny Tete merupakan pemain Belanda yang tengah memperkuat klub Liga Inggris, Fulham. Kenny memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ibu, Natasha Simon.

Sayangnya, Kenny lebih memilih membela Timnas Belanda. Dia pun telah mencatatkan empat caps bersama Belanda.

6. Matt Doherty


Matt Doherty

Matt Doherty adalah pemain Atletico Madrid yang memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ibu Johnny Doherty. Ayahnya merupakan pasukan Belanda yang dikirim ke Indonesia yang kemudian menikah dengan perempuan Indonesia. Kendati berdarah Indonesia-Belanda, Matt Doherty justru memilih negara tempat kelahirannya Irlandia.

5. John Heitinga


John Heitinga

John Heitinga merupakan salah satu pemain andalan Belanda pada Piala Dunia 2006 dan 2010. Kendati demikian, Heitinga merupakan keturunan Indonesia.

Kakeknya merupakan orang asli Jakarta. Bahkan, ayah John Heitinga juga lahir dan besar di Jakarta.

4. Nigel De Jong


Nigel De Jong

Nigel De Jong pernah membela klub elite Eropa, seperti AC Milan, Manchester City, hingga Ajax Amsterdam. Nigel De Jong memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Maluku.

Namun, Nigel memilih memperkuat Timnas Belanda. Dia total sudah memiliki 81 caps yang di antaranya pada Piala Dunia 2010 dan 2014.


3. Giovanni Van Bronckhorst


Giovanni Van Bronckhorst

Giovanni Van Bronckhorst merupakan pemain keturunan Indonesia yang berasal dari kedua orangtuanya. Ayahnya, Victor Van Bronckhorst, merupakan keturunan Indonesia-Belanda. Sedangkan ibunya, dia merupakan orang asli Maluku.

Pemain yang pernah berseragam Barcelona, Arsenal, dan Ajax ini memilih untuk membela Timnas Belanda dengan telah mencatatkan 106 caps dan 6 gol. Salah satu gol terbaiknya adalah saat mencetak gol yang berhasil mengalahkan Uruguay saat semifinal Piala Dunia 2010.

2. Radja Nainggolan


Radja Nainggolan

Bukan rahasia lagi jika pemain yang sukses bersama klub-klub Serie A, Radja Nainggolan, merupakan keturunan Indonesia. Dia mendapat darah Indonesia dari sang ayah yang asli Batak.

Namun, Radja memilih untuk membela Timnas Belgia. Bersama Timnas Belgia, Radja berhasil mengoleksi 30 caps dengan mencetak 6 gol.

1. Robin Van Persie


Robin Van Persie

Mantan striker Arsenal dan Manchester United, Robin Van Persie, juga memiliki darah keturunan Indonesia. Diketahui, nenek Van Persie merupakan orang Surabaya.

Pemain berjuluk The Flying Dutchman ini memilih memperkuat Timnas Belanda. Dirinya telah mencatatkan 102 caps dengan mengoleksi 50 gol. Bahkan, dirinya telah tampil tiga kali dalam gelaran Piala Dunia, yaitu pada 2006, 2010, dan 2014.

Itulah 10 pemain keturunan Indonesia yang lebih pilih bela timnas negara lain.


bola.okezone.com