Shayne Pattynama Sah Jadi WNI, Timnas Indonesia Makin Banyak Opsi Pemain Berkualitas


Shayne Patynama sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain berdarah Belanda itu telah diambil sumpahnya sebagai WNI di Kantor Wilayah Kemenkumhan, Jakarta, Selasa (24/1/2023) sore.

Shayne hadir didampingi oleh ketua umum PSSI Mochamad Iriawan. Ia dengan serius menjalani serangkaian acara sumpah hingga selesai.

Sumpah WNI dari Shayne Pattynama diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu, dibacakan surat Keppres RI tentang pengangkatan WNI sang pemain.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan) usai proses pengambilan sumpah WNI (suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan) usai proses pengambilan sumpah WNI (suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Kemudian, dilanjutkan pembacaan sumpah WNI kepada Shayne Pattynama. Sang pemain pun dengan lancar mengikuti arahan pembacaan sumpah.


"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh, melepaskan seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," kata Shayne mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.


"Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, dengan tulus dan ikhlas," sambung Shayne Pattynama.

Adapun Shayne datang dengan menggunakan setelan kemeja putih, jas hitam, dan dasi merah. Tidak lupa, ia memakai peci yang membuatnya semakin gagah.

Sebelumnya, pemain berusia 24 tahun itu sudah melewati berbagai rangkaian proses naturalisasi. Diantaranya disetujui oleh Komisi X dan III DPR RI.

"Terima kasih semuanya yang telah membantu proses naturalisasi ini sampai selesai sehingga Shayne kini sah sebagai WNI," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.


Hadirnya Shayne Pattynama tentu menambah banyak pilihan di lini belakang. Seperti diketahui sebelumnya sudah ada dua pemain yang lebih dahulu sah sebagai WNI seperti Jordi Amat dan Sandy Walsh.


suara.com