Piala AFF 2022: Belum Pernah Menang di Indonesia, Tanda Vietnam Dipermalukan Timnas Indonesia di SUGBK?

   

BELUM pernah menang di Indonesia, tandaPiala AFF 2022 yang berlangsung di SUGBK pada Jumat, 6 Januari 2023. Untuk waktu kick off masih tentatif, di antara pukul 16.30 atau 19.30 WIB.

Dalam sejarahnya, laga nanti merupakan pertemuan ke-11 Timnas Indonesia dan Vietnam di Piala AFF. Dari 10 pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia dominan dengan catatan tiga menang, enam imbang dan hanya satu kalah.

Timnas Indonesia vs Vietnam

(Duel Timnas Indonesia vs Vietnam di leg I semifinal Piala AFF 2016. (Foto: Heru Haryono/Okezone.com)

Laga nanti merupakan yang ketiga kalinya pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF diselenggarakan di Indonesia. Lantas, apa hasil yang didapat Timnas Indonesia dalam dua laga sebelumnya?

Skuad Garuda tidak terkalahkan dengan catatan satu menang dan satu imbang. Pertemuan pertama tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tepatnya di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2002.

Setelah melalui 90 menit pertandingan, skor Timnas Indonesia vs Vietnam sama kuat 2-2. Bahkan Timnas Indonesia hampir kalah 1-2 jika saja Zaenal Arief tidak membobol gawang Vietnam di menit 83.


Pertemuan kedua di Indonesia tersaji di leg I semifinal Piala AFF 2016. Bermain di Stadion Pakansari, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Vietnam. Timnas Indonesia unggul lebih dulu lewat tandukan Hansamu Yama pada menit ketujuh.Berselang 10 menit, Nguyen Van Quyet menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti. Beruntung di menit 50, Timnas Indonesia kembali unggul melalui sepakan penalti Boaz Solossa. Penalti didapat setelah Stefano Lilipaly dilanggar pemain lawan.

Boaz Solossa

(Boaz Solossa membuat Timnas Indonesia menang 2-1 atas Vietnam)

Peluang Timnas Indonesia memenangkan pertandingan nanti semakin besar jika melihat lama istirahat yang didapat. Skuad Timnas Indonesia sudah mulai recovery sejak Senin, 2 Januari 2023 malam WIB.

Sementara Vietnam, baru bisa recovery pada Selasa, 3 Januari 2023 malam. Kemudian pada Rabu (4/1/2023) pagi WIB, skuad asuhan Park Hang-seo langsung menjalani perjalanan panjang dari Vietnam ke Indonesia.

Karena itu, ini merupakan peluang Shin Tae-yong memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia. Terlebih semenjak menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 2019, Shin Tae-yong belum pernah menumbangkan Vietnam racikan Park Hang-seo.


bola.okezone.com