Dampak Shayne Pattynama Resmi WNI, Ternyata Bikin Pemain Keturunan Lainnya Ingin Merapat, Termasuk Pemain Ini

Berbicara mengenai naturalisasi pemain keturunan, di era kepelatihan Shin Tae Yong ini banyak dilakukan.

Sebut saja pemain keturunan yang sudah dinaturalisasi menjadi WNI adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Tidak hanya mereka berdua saja, ada juga pemain keturunan lainnya yang sudah dinaturalisasi adalah Justin Hubner, Mees Hilgers dan lain sebagainya.

Dan yang menarik dari adanya naturalisasi pemain keturunan ini, ternyata banyak pemain keturunan lain yang kepincut ingin menjadi warga Indonesia juga setelah adanya pemain yang dinaturalisasi.

Sebut saja pemain Belanda bernama Joey Pelupessy yang kepincut ingin menjadi WNI setelah Shayne Pattynama resmi menjadi WNI.

Dikutip BondowosoNetwork.com dari akun YouTube Garuda Space, resminya Shayne Pattynama menjadi WNI, rupanya membuat pemain keturunan lainnya bertekad untuk mengikuti jejaknya.

Terbaru Joey Pelupessy yang kini membela klub kasta tertinggi Liga Belanda, FC Groningen, dikabarkan tertarik untuk membela Timnas Indonesia.

Pemain bernama lengkap Joey Mathijs Pelupessy tersebut merupakan pemain kelahiran Almelo, Belanda 15 Mei 1993.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang dan bek ini, diketahui memiliki darah keturunan Indonesia tepatnya Maluku.

Pemain berusia 29 tahun itu mengawali karirnya di dunia sepak bola melalui SVVN Yth, sebelum pada tahun 2004 pindah ke tim Academy FC Twente.

Selama berseragam FC Twente, Joey Pelupessy telah menjajal tim FC Twente dari berbagai level umur, mulai dari U-17, U-19 dan U-21.

Joey Pelupessy cukup lama di FC Twente Junior hingga akhirnya mendapatkan promosi untuk terjun ke tim senior FC Twente pada 2013 lalu.

Sayangnya kontraknya tidak berlangsung lama dan hal itu membuatnya hijrah ke Heracles Almelo pada tahun 2014.

4 musim bersama Heracles Almelo, Joey Pelupessy berhasil mengantongi 5 gol dan 6 assist dalam 119 pertandingan.

Tidak puas merumput di Belanda, Joey Pelupessy memutuskan untuk merantau ke Inggris dengan memperkuat Sheff Wed di divisi Championship pada tahun 2017.

Selama di klub tersebut, Joey Pelupessy tampil sebanyak 119 kali dan hanya menorehkan satu gol serta tiga assist saja.

Kontraknya bersama Sheff Wed tidak diperpanjang sehingga Joey Pelupessy akhirnya hijrah lagi ke Turki untuk memperkuat Giresunspor.

Namun dia hanya bermain sebanyak 22 kali karena pada Juli 2022, dia memutuskan untuk pulang kampung ke Belanda.

Sekembalinya ke Belanda bergabung bersama FC Groningen dengan status bebas transfer. Menariknya belum lama bergabung dengan klub yang bermain di Liga Belanda, Joey Pelupessy didapuk menjadi kapten klub.

Dengan pengalamannya dan juga tekadnya membela skuad Garuda tersebut, lantas akankah Shin Tae Yong tertarik untuk menaturalisasi pemain keturunan tersebut? Mari kita tunggu untuk kejutannya.



Bondowoso.jatimnetwork.com