Statistik Asnawi Mangkualam Disorot Laman Resmi Liga Korea Selatan Kala Timnas Indonesia Hajar Kamboja

   

BEK sayap andalan sekaligus kapten Timnas Indonesia, Piala AFF 2022. Menariknya, performa gemilang tersebut mendapat sorotan dari laman resmi Liga Korea Selatan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berhasil meraih poin penuh ketika menjamu Kamboja di Piala AFF 2022. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore WIB, Asnawi Mangkualam bermain selama 60 menit dan digantikan Edo Febriansah.

Asnawi Mangkualam

Usai laga, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menjelaskan alasan di balik keputusannya mengganti pemain Ansan Greeners tersebut. Dirinya tidak ingin memaksakan kondisi fisik Asnawi yang belum prima usai pulih dari cedera otot.

Meski tidak tampil penuh, penampilan Asnawi mendapat sorotan dari laman resmi Liga Korea Selatan. Mereka memuji keterlibatan Asnawi dalam gol pembuka Timnas Indonesia yang dicetak Egy Maulana Vikri di menit ketujuh.


“Asnawi memulai di bek kanan dalam empat bek dengan bos Indonesia Shin Tae-yong memilih 4-2-3-1 dan bahkan memberikan assist atau pra-assist kedua yang berarti dia memasok bola terakhir sebelum assist untuk gol Egy Maulana di menit ketujuh,” tulis keterangan pada laman resmi Liga Korea Selatan, Minggu (25/12/2022).

“Memonopoli garis tepi, Asnawi menampilkan permainan sayap yang gigih untuk menggerakkan bola ke atas sayap, mengalahkan satu pemain bertahan, sebelum melakukan umpan silang,” lanjut pernyataan itu.“Pratama Arhan mengambil bola sebelum mengirimkan umpan silang untuk gol pembuka Indonesia,” sambungnya lagi.

Asnawi Mangkualam

Tak sampai di situ, mereka juga menyorot statistik impresif Asnawi di laga tersebut. Persentase akurasi umpan, operan progresif, tekel hingga intersep Asnawi dipaparkan dengan detail.

“Pemain berusia 23 tahun itu menunjukkan akurasi passing 83 persen, akurasi 75 persen untuk passing ke sepertiga akhir, dan akurasi 73 persen untuk passing ke depan,” ujar pernyataan tersebut

“Dalam hal sisi pertahanan untuk performa Asnawi, ia memenangkan 67 persen dari duel defensif dan udaranya, berhasil melakukan tekel geser, tiga intersepsi, serta satu sapuan,” sambungnya.

“Kemenangan atas Kamboja merupakan penampilan ke-21 Asnawi untuk Indonesia,” tutup pernyataan itu.


bola.okezone.com