Saat Egy Maulana Vikri Mau 'Ayam-ayamin' Kiper Kamboja, tapi Gagal

Melihat Aksi Egy Maulana Cs Hajar Kamboja di Piala AFF 2022
Egy Maulana Vikri di laga melawna Kamboja. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Egy Maulana vikri hampir bikin dua gol di laga Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022. Satu peluangnya emasnya terbuang karena kakinya menyerimpet.

Egy menjadi starter pada laga laga Grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/2022). Egy sempat membawa Indonesia unggul lebih dulu di menit ke-7, usai memanfaatkan umpan Pratama Arhan.

Pemain yang baru dilepas klub Slovakia, ViOn Zlaté Moravce, kemudian punya peluang lagi tak lama berselang. Egy punya peluang lewat situasi one-on-one dengan kiper Kamboja, Keo Soksela.


Eks pemain Lechia Gdansk itu mengejar umpan terobosan dari Jordi Amat dan berhasil menguasai bola. Tinggal berhadapan dengan kiper Kamboja, Egy nampaknya ingin menggocek kiper tersebut. Tapi aksinya tak berhasil, bola tertinggal dan terangkat ke atas karena mengenai tumitnya.

"Untuk peluang itu, memang di depan gawang sudah sempat mau satu sentuhan, terus melihat saya pergerakan kiper," kata Egy Maulana vikri saat memberikan keterangan seusai laga.

"Saya menebak (kiper bergerak) ke sebelah kanan, makanya saya berubah arah ingin ke kanan untuk melewati. Jadi bola nyangkut, sayang sekali nyangkut jadi tak bisa lewat dan mencetak gol," ujarnya menambahkan.


Timnas Indonesia pun cuma bisa mencetak dua gol ke gawang Kamboja. Untungnya dua gol itu sudah cukup untuk membawa Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1.Peluang gagal Egy Maulana vikri bukan satu-satunya yang terjadi di Timnas Indonesia. Koleganya, Witan Sulaiman juga mengalami kegagalan serupa saat berhadapan dengan kiper di babak kedua.

Tapi kondisi itu membuat Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia, tak puas. Ia merasa timnya seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol.

"Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada para pemain, walau di laga pertama ini sulit bagi kami, tetapi menurut saya, sangat disayangkan hasil di laga pertama ini. Saya marah kepada para pemain selepas laga, dan meminta mereka lebih fokus ke depannya," tutur Shin Tae-yong.

"Apa yang membuat saya marah adalah karena menurut saya para pemain tidak bisa menunjukkan permainan yang menarik kepada para fans. Dan memang seharusnya kita bisa lebih banyak cetak gol. Tetapi kami gagal memanfaatkan peluang yang ada. Dan itu yang sedikit saya sesalkan," ucapnya.


sport.detik.com