Penantian Timnas Indonesia pun seakan sudah berada di puncaknya setelah rutin gagal memenangkan gelar Piala AFF sejak pertama kali digelar tahun 1996.

Padahal, penampilan Timnas Indonesia kala bertanding di Piala AFF tak selalu mengecewakan ataupun buruk.

Timnas Indonesia tercatat sudah enam kali menjadi finalis Piala AFF selama keikutsertaan tim Garuda di ajang sepak bola kawasan Asia Tenggara tersebut.


Depan paling kiri ada Sandy Walsh, Marc Klok dan Ilija Spasojevic mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Bali. TC Timnas Indonesia sebagai persiapan mengikuti Piala AFF 2022. (PSSI)

Hanya saja memang keberuntungan kerapkali tidak menaungi Timnas Indonesia, sehingga Garuda tak pernah memenangkan gelar Piala AFF sampai sekarang.

Kini, penantian Timnas Indonesia itu bisa direalisasikan pada ajang Piala AFF 2022 alias edisi tahun ini.


Ada banyak alasan yang membuat kans Timnas Indonesia bisa pecah telur memenangkan gelar pertama dalam sejarah Piala AFF.

Hadirnya pemain naturalisasi maupun pemain asli Indonesia yang merumput di luar negeri menjadi alasannya.


Alasan lain yang membuat Timnas Indonesia bisa memenangkan gelar Piala AFF tak lain keberadaan Shin Tae-yong selaku pelatih.

Sejak ditangani Shin Tae-yong, perkembangan positif memang dirasakan Timnas Indonesia dari berbagai kategori usia.

Sebagaimana misal Timnas Indonesia senior yang mampu menjadi finalis Piala AFF edisi sebelumnya dengan skuat mudanya.

Tak berhenti disitu, Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas Indonesia usia senior dan U23 ke babak utama Piala Asia tahun depan.

Racikan strategi modern yang diterapkan Shin Tae-yong dikombinasikan dengan skuat muda benar-benar membuat Timnas Indonesia semakin matang saat ini.

Shin Tae-yong sendiri pernah berjanji akan membuat permainan Timnas Indonesia terlihat menarik dan keren selama perhelatan AFF edisi kali ini.

"Saya akan membalas budi dengan pertandingan yang keren dan tidak mengecewakan," ungkap Shin Tae-yong dikutip dari BolaSport.

"Saya harap masyarakat Indonesia dan fans Indonesia datang ke stadion dan memenuhi kursi tanpa terkecuali."

"Saya benar-benar mohon dukungannya untuk Timnas Indonesia. Terima kasih banyak," sambungnya.

Tentu janji yang dilontarkan Shin Tae-yong diharapkan juga bisa berbuah dengan raihan gelar juara pada akhir turnamen Piala AFF edisi kali ini.

Layak dinantikan seperti apa permainan sekaligus perjuangan Shin Tae-yong untuk bisa membawa Timnas Indonesia memenangkan gelar perdana Piala AFF pada edisi kali ini.

Jadwal Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022:

Jumat, 23 Desember 2022

Pukul 19.30 WIB - Timnas Indonesia vs Kamboja

Senin, 26 Desember 2022

Pukul 17.00 WIB - Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia

Kamis, 29 Desember 2022

Pukul 19.30 WIB - Timnas Indonesia vs Thailand

Senin, 2 Januari 2023

Pukul 19.30 WIB - Filipina vs Timnas Indonesia


tribunnews.com