Media Vietnam Duga Timnas Indonesia Suap Wasit di Piala AFF 2022, Timnas Vietnam Malah Dapat Penalti Kontroversial Lawan Malaysia!

MEDIA Vietnam, The Thao 247, sempat menduga Piala AFF 2022. Penilaian itu muncul karena pelatih Timnas Brunei Darussalam, Mario Rivera, merasa dirugikan dengan sejumlah keputusan wasit asal Korea Selatan, Kim Hee-gon, saat timnya kalah 0-7 dari Timnas Indonesia.

“Indonesia dituduh menyuap wasit di Piala AFF 2022,” tulis The Thao 247 dalam judul artikel yang mereka buat

Timnas Indonesia(Timnas Indonesia menang 7-0 atas Brunei)

“Pelatih Brunei Mario Rivera mempertanyakan wasit yang dinilainya tidak adil,” lanjut media asal Vietnam tersebut.

Namun, semalam Timnas Vietnam malah mendapat penalti kontroversial saat bersua Malaysia di matchday ketiga Grup B Piala AFF 2022, Selasa 27 Desember 2022 malam WIB. Semalam, Vietnam tampil dominan dan menang 3-0 atas Malaysia

Kontroversi terjadi di menit 59. Saat itu, fullback kiri Timnas Vietnam Doan Van Hau coba menerus pertahanan Malaysia. Namun, bek Malaysia Azam Azmi menutup pergerakan pemain yang sempat membuat Evan Dimas cedera di final SEA Games 2019 tersebut.


Secara lugas, Azam Azmi menyapu bola yang dibawa Doan Van Hau dan si kulit bulat pun terbang jauh ke arah permainan Vietnam. Di saat bersamaan, Azam Azmi yang membuang bola langsung terpental ke papan iklan yang berada di luar lapangan.Azam Azmi terpental karena ditabrak Doan Van Hau. Selintas, tidak ada pelanggaran yang dibuat Azam Azmi. Namun, wasit yang memimpin pertandingan, Ryuji Sato, kemudian memberikan hadiah penalti kepada Vietnam.

Wasit memberikan penalti karena Azam Azmi dinilai melakukan gerakan tambahan kepada Doan Van Hau saat berada di area papan iklan. Dalam video yang ditunjukkan media Malaysia Makan Bola, tidak ada gerakan tambahan yang diberikan Azam Azmi.

Namun wasit melihat kaki Azam Azmi sempat mengarah ke kepala Doan Van Hau. Padahal, gerakan dibuat Azam Azmi karena sang kaki tersangkut di badan Doan Van Hau.

Alhasil, wasit tetap memberikan hadiah penalti dan Azam Azmi pun mendapat kartu merah. Que Ngoc Hai yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Singkat kata, Vietnam menang 3-0 atas Malaysia lewat gol-gol dari Nguyen Tien Linh pada menit 28, Que Ngoc Hai (64’) dan Nguyen Hoang Duc (83’).

Berkat kemenangan ini, Vietnam naik ke puncak klasemen Grup B Piala AFF 2022 dengan enam angka, hasil dari dua pertandingan. Sementara Malaysia duduk di posisi dua juga dengam enam poin, namun telah melakoni tiga laga.


bola.okezone.com