Keok Parah dari Timnas Indonesia, Pelatih Brunei Emosi: Wasitnya Korea, Malah Tertawa bareng Shin Tae-yong!

Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam
Pelatih Brunei Darussalam, Mario Rivera, terlihat tegang saat berbicara pada sesi konferensi pers jelang pertandingan kontra Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Pelatih Brunei Darussalam, Mario Rivera, kecewa berat dengan kekalahan timnya 0-7 dari Timnas Indonesia pada matchday kedua Grup A Piala AFF 2022 di KLFA Stadium, Senin (26/12/2022).

Tak tanggung-tanggung, pelatih asal Korea Selatan itu mengkritik wasit hingga Shin Tae-yong. Laga itu dipimpin oleh wasit asal Korea Selatan, Kim Hee-gon dan asisten pertama dari negara yang sama, Kang Dong-ho. Sementara asisten wasit kedua berasal dari Thailand, Supawan Hinthong.

Brunei awalnya mampu mengimbangi permainan Timnas Indonesia pada 20 menit awal. Setelah itu, skuad Merah Putih membuka keunggulan melalui Syahrian Abimanyu.

Petaka buat Brunei kemudian datang pada menit ke-38. Wasit mengusir Alinur Rashimy Jufri karena dianggap melakukan pelanggaran berbahaya terhadap Saddil Ramdani.

Bermain dengan 10 orang berhasil dimanfaatkan Timnas Indonesia dengan menambah gol. Pasukan Merah Putih kemudian mencetak gol lagi melalui Dendy Sulistyawan (41'), Egy Maulana Vikri (59'), Ilija Spasojevic (60'), Ramadhan Sananta (68'), Marc Klok (86'), dan Yakob Sayuri (90+2).

Merusak Permainan
Saddil Ramdani
Aksi Saddil Ramdani dalam laga Timnas Indonesia versus Brunei Darussalam pada matchday kedua grup A Piala AFF 2022 di KLFA Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Pelatih Mario Rivera menyebut, kartu merah yang diberikan wasit asal Korea Selatan, Kim Hee-gon, merusak permainan Brunei. Kekalahan ini bahkan disebut Mario Rivera membuat seluruh pemainnya menangis di ruang ganti.

"Sebelum kartu merah, kami bisa bersaing dengan Indonesia dan para pemain mampu menunjukkan level permainan yang bagus. Setelah itu, wasit merusak pertandingan karena itu tidak pelanggaran," kata Mario Rivera.

"Mungkin saat ini dia bahagia. Mengeluarkan satu pemain yang membuat 22 lainnya menangis di ruang ganti," tegas pelatih asal Spanyol itu.

 

Serang Shin Tae-yong
Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berbicara saat konferensi pers jelang laga kontra Brunei Darussalam dalam lanjutan Piala AFF 2022. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Pelatih Mario Rivera juga menyerang Shin Tae-yong yang kedapatan tertawa bareng hakim garis. Menurut dia, meski sama-sama berasal dari Korea Selatan seharusnya keduanya bisa menghormati pertandingan.

"Pada menit kelima, Anda bisa melihat hakim garis tertawa bersama pelatih Indonesia karena keduanya orang Korea. Ini sukar dipercaya. Mereka tidak menghormasti sepak bola dan para pemain," tegas Mario Rivera.

"Mungkin karena mereka sama-sama orang Korea, mereka bisa saling berbicara, namun tidak saling tertawa. Mungkin setelah ini mereka akan bertemu di Restoran Korea dan ditraktir oleh pelatihnya. Buat saya ini sukar dipercaya," ucap Mario Rivera.


Jadwal Selanjutnya

Pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong mulai menangani Timnas Indonesia sejak awal Januari 2020. Di samping memegang timnas senior, ia juga dipercaya menangani Timnas Indonesia di level yunior, seperti timnas U-19, U-20 dan U-23. Bersama timnas senior yang saat kini tengah berlaga di Piala AFF 2022, STY telah memimpin Timnas Garuda dalam 26 laga. Beberapa pemain tercatat telah menjadi pencetak gol dalam laga-laga tersebut, di mana 5 di antaranya menjadi yang tertajam. Siapa saja? Yuk disimak uraiannya berikut ini. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kamis, 29 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Thailand

Pukul: 16.30 WIB

Stadion Utama Gelora Bung Karno