Update bursa transfer Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023 sedang ramai diperbincangkan. Tim berjuluk bajul Ijo ini dipastikan akan belanja pemain menyambut putaran kedua pada Januari 2023.

Bursa transfer Persebaya Surabaya sedang berjalan setelah kompetisi Liga 1 2022-2022 putaran pertama selesai pada 24 Desember 2022. Nama Egy Maulana Vikri dirumorkan banyak pendukung Persebaya, Bonek yang bisa saja merapat.

Bonek mendorong Persebaya untuk memboyong Egy Maulana Vikri pada Liga 1 2022-2023 pjuetran kedua, setelah penyerang Timnas Indonesia itu putus kontrak dengan salah satu tim Eropa.

Ram Surahman pun berbicara terkait rumor Egy Maulana Vikri gabung ke Persebaya di Liga 1 2022-2203 puteran kedua.


Seketeris Persebaya Surabaya itu tidak banyak memberi komentar terkait bursa teranfer pemain Bajul Ijo menyambut Liga 1 2022-2023 puteran kedua.


"Ya, saya mengikuti dan dengar isu itu (Egy gabung Persebaya)," sebur Ram Surahman saat ngobrol bersama Surya.co.id dalam suatu kesempatan.

Ram Surahman menjelaskan, penambahan atau penguruangan pemain menjadi ranah tim pelatih dan manajemen Persebaya. Evaluasi yang dilakukan tim pelatih nanti akan dibahas manajemen, apakah perlu menambah, melepas pemain untuk putaran kedua.

Peluang Egy maulana Vikri gabung Persebaya seperti apa?

"Kabar muncul dari medsos (media sosial), pelatih kayaknya belum berbicara (ke manajemen)," tutur pria yang pernah jadi humas KONI Surabaya ini.

Ram Surahman tidak bercerita banyak soal bursa teranfer pemain Persebaya. Ia hanya menjelaskan semua hal terkait tim dan langkah menyambut kompetisi Liga 1 2022-2023 puteran kedua pasti akan dibicarakan dalam rapat manajemen.

Seperti diketahui, Persebaya sudah mengontrak satu pemain menyambut putaran kedua.

Sosok pemain baru yang sudah teken kontrak di Persebaya, yakni George Brown.

Pemain yang selalu bermain di luar negeri itu sudah dikontrak Bajul Ijo saat Liga 1 2022-2023 dimainkan di Yogyakarta dan Jawa Tengah pada Deember 2022.

Kecuali George Brown, saat ini sedang ada empat pemain trial di Persebaya.

Dua pemain berasal dari tim internal Persebaya, dua pemain Elite Pro Academy U-18.

Mereka adalah bek Kardanu Setiawan dan pemain tengah Tony Firmansyah. Keduanya ikut membawa Persebaya U-18 memperoleh medali perunggu musim ini.

Dua pemain trial lainnya adalah Muhammad Iqbal dan Muhammad Duta. Mereka pernah berseragam Persita Tangerang di Liga 1 musim lalu.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso berkomentar soal kebutuhan tim menyembut kompetisi Liga 1 putaran kedua. Ia tidak mensyaratkan pada posisi tertentu. Apalagi ia menyebut semua lini di dalam tim akan dievaluasi.

"Sebenarnya kalau ada pemain yang menurut saya bagus, entah itu pemain belakang, depan, atau gelandang, gak ada masalah," aku Aji Santoso.

Pelatih asal Malang ini senang jika ada pemain mdua dengan kualitas bagus.

"Apalagi kalau ini pemain muda bisa untuk investasi jangka panjang, jadi gak ada masalah posisi apapun," tutur Aji Santoso

Meski Aji Santoso tidak memungkiri menaruh harapan bisa menemukan pemain di posisi striker, posisi yang saat ini menjadi masalah penting di dalam tim.

Putaran pertama musim ini, produktivitas gol Persebaya kurang baik, mencetak 19 gol dari 17 laga yang dijalani, dengan sebaran gol merata dari pemain depan hingga belakang.

Silvio Junior, striker asing Persebaya yang diharapkan menjadi lumbung gol masih belum menemukan sentuhan terbaik.

Striker asal Brasil itu baru mengemas 5 gol dan 3 assist dari 16 laga yang dijalani di Liga 1 2022.

"Memang kalau saya menemukan pemain depan bagus ya akan sangat baik," terang eks pelatih Persela Lamongan ini.

Pemain Jadi


Persebaya memastikan akan menambah kekuatan menatap putaran kedua Liga 1 2022-2023.

"Yang jelas kami pasti akan menambah kekuatan untuk bisa bersaing lagi di putaran kedua," kata Aji Santoso.

Meski saat ini ada sejumlah pemain muda menjalani trial, Aji Santoso tidak menutup kemungkinan lakukan penambahan pemain yang berasal dari pemain senior, atau pemain sudah jadi.

Namun, pelatih berlisensi AFC Pro itu memberi persyaratan khusus.

"Kalau saya ambil pemain tentunya kualitas harus lebih dari pemain yang sudah ada, kalau sama atau di bawahnya gak mungkin," tegas Aji Santoso.

"Kalau kami ngambil pemain senior sudah jadi di putaran kedua ini pasti susah. Kalaupun kami ngambil, berarti pemain itu tidak diperpanjang lagi sama klubnya," beber Aji Santoso.

Aji Santoso dan dua pemain trial baru Persebaya Surabaya. (Kolase Surya.co.id)

Persebaya memiliki catatan kurang baik putaran pertama meski di laga penutup berhasil meraih kemenangan 1-2 dari Dewa United, Sabtu (24/12/2022) lalu.

Tambahan tiga poin hanya mampu mengantarkan tim berjuluk Bajul Ijo itu di posisi 10 klasemen sementara dengan bekal 22 poin.

Raihan 22 poin Persebaya hasil enam kemenangan, empat imbang, tujuh laga lainnya menelan kekalahan.

Catatan ini lebih buruk dari musim 2019 lalu yang menyudahi putaran pertama di peringkat 5 dengan koleksi 25 poin. Hasil dari enam kemenangan, tujuh hasil imbang, empat laga sisanya menelan kekalahan.

Terlebih, musim ini produktivitas gol kurang baik, minus 2 gol. Berhasil mencetak 19 gol, kebobolan 21 gol. Berbeda jauh dari musim 2019 yang plus 4 gol.


surabaya.tribunnews.com