4 Pelatih BRI Liga 1 'Keroyok' Shin Tae-yong, Kompak Protes Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia!

Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Curacao, Selasa (27/9/2022) (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Curacao, Selasa (27/9/2022

Polemik antara Shin Tae Yong dan pelatih klub BRI Liga 1 2022/2023 memanas. Ada beberapa pelatih klub yang mempertanyakan training camp (TC) jangka panjang yang diberlakukan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia.

Saat ini, Shin Tae-yong tengah memimpin TC Timnas Indonesia di Bali. Pelatih asal Korea Selatan itu memanggil 28 pemain untuk bergabung dengan latihan. Dia punya target juara, setelah kalah di final pada edisi 2020 lalu.

Sebelumnya, Shin Tae-yong juga menggelar TC jangka panjang untuk Timnas U-20. Marselino Ferdinan dan kolega berlatih di Turki dan Spanyol. Ini adalah tim yang disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Nah, TC Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 dilaksanakan bersamaan dengan kembali bergulirnya BRI Liga 1 2022/2023. Sejumlah pelatih klub memberi komentar atas pemanggilan pemain dan sikap Shin Tae-yong kepada mereka.



Thomas Doll

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Thomas Doll sangat kritis terhadap kerja Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sebab, selalu ada pemain Persija Jakarta yang dipanggil untuk TC Timnas Indonesia. Baik pada level senior maupun junior.

"Mereka tidak pernah bersama kami. Sama seperti pemain timnas U-20. Setiap kali bersama kami, mereka pergi selama dua bulan. Mereka di Turki dan Spanyol. Ketika mereka kembali, mereka lelah. Mental mereka juga lelah. Mereka berisiko cedera," kata Doll.

"Selama enam bulan saya di sini, saya tidak pernah berkomunikasi dengan pelatih Timnas Indonesia. Tidak pernah sekali pun. Saya berusia 56 tahun. Saya bermain sekitar 50 kali buat Jerman. Saya melatih selama 20 tahun. Ini adalah pertama kalinya dalam hidup saya bahwa saya tidak berkomunikasi dengan seseorang," ungkap Thomas Doll.



Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Bola.com/Bagaskara LazuardiYakob dan Yance Sayuri merayakan gol yang dicetak pada laga PSM Makassar vs Persebaya di BRI Liga 1 2022/2023 (c) PT Liga Indonesia BaruLuis Milla memimpin sesi latihan Persib Bandung di Liga 1 2022/2023 (c) Iqbal IchsanPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSIZainudin Amali dan Shin Tae-yong (c) KemenporaTimnas Indonesia merayakan gol Dimas Drajad ke gawang Curacao, Selasa (27/9/2022).