Menurut Hamdan Hamedan, tak butuh proses panjang bagi Rafael Struick dan Zico Soree untuk bersedia membela Timnas Indonesia U-20

Hadirnya Rafael Struick dan Zico Soree tidak lepas dari permintaan Pelatih Shin Tae Yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu meminta tambahan pemain di posisi depan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-20 Rafael Struick setelah menjebol gawang Slovakia U-20 (Dok. PSS).
Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-20 Rafael Struick setelah menjebol gawang Slovakia U-20 (Dok. PSS).

Hamdan langsung diminta Iriawan untuk mengakomodasi permintaan Shin Tae-yong tersebut. Setelah proses negosiasi yang terbilang cepat, kedua pemain itu bersedia dijajal kemampuannya oleh pelatih.


"Saya meeting dengan Zico Sabtu malam (12 November) dan dia langsung berkenan. Sementara meeting dengan Rafael dan keluarganya dilakukan hari Selasa jam 1 malam. Dia pun siap ikut trial,” kata Hamdan dalam keterangan yang diterima Suara.com, Senin (21/11/2022).

"Lima hari kemudian yaitu hari kamis keduanya sudah ada di Spanyol dan langsung berlatih,” sambungnya.

Lebih lanjut, Rafael Struick dan Zico Soree langsung dites oleh Shin Tae-yong dalam laga uji coba Timnas Indonesia U-20 vs Slovakia, Sabtu (19/11/2022). Meski kalah 1-2, Rafael Struick mencetak gol dalam laga itu.

Hadirnya Rafael Struick dan Zico Soree menambah daftar calon pemain Timnas Indonesia lewat jalur naturalisasi. Sebelumnya sudah bergabung Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Timnas Indonesia U-20 disiapkan untuk menghadapi dua kejuaraan besar di 2023. Yaitu Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20.


Piala Asia U-20 bergulir di Uzbekistan. Sementara Piala Dunia U-20 akan bergulir di Indonesia.

Tidak hanya sukses sebagai penyelenggara. Indonesia diharapkan juga bisa menorehkan prestasi di Piala Dunia U-20 2023.



suara.com