Sejarah Baru Tercipta di Laga Timnas Qatar vs Ekuador, Pertama Kalinya Piala Dunia Dibuka dengan Gol Penalti

   

Tim Nasional timnas Qatar menelan pil pahit karena kalah 0-2 dari Ekuador di laga pembuka piala dunia 2022. Kekalahan Qatar itu semakin tragis karena adanya sejarah baru tercipta, di mana untuk pertama kalinya di ajang Piala Dunia, gol perdana tercipta dari tendanan penalti.

Pada laga pembuka Piala Dunia 2022 yang berlangsung Minggu 2 November 2022 malam WIB, La Tri –julukan Ekuador- sukses membungkam Qatar dengan skor 2-0 di laga perdana Grup A. Dua gol Enner Valencia pada menit 16 dan 31 menjadi penentu kemenangan wakil Amerika Selatan itu pada partai pembukaan yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, tersebut.

Gol pertama Valencia itu lahir lewat titik putih yang dihadiahi wasit setelah striker Fenerbahce tersebut dijatuhkan di kotak terlarang oleh kiper Qatar, Saad A Sheeb. Lalu, dengan tenang dia mengecoh sang penjaga gawang dengan tendangan penalti mendatarnya yang mengarah ke pojok bawah kanan gawang.


Qatar vs Ekuador

Dilansir dari Twitter @OptaJoe, Senin (21/11/2022), itu adalah pertama kali dalam sejarah partai pembuka Piala Dunia dibuka dengan gol dari tendangan penalti.

Sebelumnya, belum pernah sekali pun hal itu terjadi dalam laga perdana turnamen sepakbola terakbar sejagad itu sejak pertama digelar pada 1930 silam.

Valencia sendiri sebenarnya sudah berhasil membobol gawang Qatar saat laga baru berjalan tiga menit lewat tandukannya. Akan tetapi, gol itu dianulir oleh wasit karena salah satu pemain Ekuador berada dalam posisi offside ketika menerima tendangan bebas sesaat sebelum gol itu terjadi.Momen itulah yang turut membantu terciptanya sejarah baru di Piala Dunia. Jika gol itu disahkan, tentu gol penalti mantan pemain West Ham United tersebut tak bakal mencatatkan torehan tersebut.

Qatar vs Ekuador

Setelah gol pertamanya itu, Valencia pun berhasil menjebol gawang tuan rumah dengan tandukannya pada menit 31 yang mengarah ke pojok kiri gawang. Penyerang berusia 33 tahun itu pun sementara memimpin daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022 dengan dua gol.

Dua golnya itu juga membantu Ekuador sementara duduk di posisi puncak klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin. Laga lainnya di grup ini yang mempertemukan Belanda dan Senegal baru akan berlangsung malam nanti, Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB di Al Thumama Stadium.


bola.okezone.com