Asnawi Mangkualam Diincar Klub Liga 1 Korea Selatan? Ini Jawaban Sang Agen

Asnawi Mangkualam Bahar dirumorkan diincar oleh beberapa klub Liga Korea Selatan seperti Daejon Hana Citizen hingga Jeonbuk Hyundai Motors.Asnawi Mangkualam Bahar dirumorkan diincar oleh beberapa klub Liga Korea Selatan seperti Daejon Hana Citizen hingga Jeonbuk Hyundai Motors.

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam kini sedang berada di Tanah Air setelah Liga 2 Korea Selatan berakhir Oktober lalu. Dia mendapat jatah libur dari klubnya, Ansan Greeners.

Performa Asnawi Mangkualam musim ini jauh lebih baik dibanding musim lalu. Pada 2022, bek kanan tersebut catatkan 26 penampilan dengan dua gol dan dua assist.

Sedangkan pada musim lalu, eks PSM Makassar tersebut hanya mainkan 14 laga, tanpa gol dan hanya satu assist.


Berkat penampilan apik tersebut, rumornya Asnawi diincar beberapa klub Liga Korea Selatan. Ada Klub Liga, Daejon Hana Citizen hingga dikaitkan  dengan klub Liga 1, Jeonbuk Hyundai motors.

Jeonbuk Hyundai dilaporkan sempat mempertimbangkan nama Asnawi setelah sang bek kanan, Lee Yong, meninggalkan klub pada Juli 2022.


Dikonfirmasi soal rumor tersebut, Gabriel Budi selaku agen Asnawi, mengatakan belum ada komunikasi ataupun informasi terbaru. Gabriel menjelaskan kliennya masih terikat kontrak dengan Ansan Greeners.

"Belum, Asnawi masih di sana (Ansan). Kontraknya kemarin kan dua tahun ke depan. Cuma sekarang liga lagi libur jadi dia pulang ke Indonesia," kata Gabriel Budi saat berbincang dengan INDOSPORT di Indomilk Arena.

"Buat itu (tawaran klub lain) kita lihat saja nanti, doakan yang terbaik," imbuhnya.

Asnawi Mangkualam sebelumnya sudah menjawab rumor ke Jeonbuk Hyundai. Dia menegaskan masih fokus ke Ansan Greeners dan menghormati kontraknya dengan klub yang berakhir 31 Desember 2023.

"Saya masih memiliki kontrak dengan Ansan. Masih ada kontrak yang tersisa, jadi tentu saja menghormati Ansan harus didahulukan," kata Asnawi dikutip dari Sports-G.



1. Ikut TC Timnas Indonesia

Asnawi Mangkualam Bahar dirumorkan diincar oleh beberapa klub Liga Korea Selatan seperti Daejon Hana Citizen hingga Jeonbuk Hyundai Motors.Asnawi Mangkualam Bahar dirumorkan diincar oleh beberapa klub Liga Korea Selatan seperti Daejon Hana Citizen hingga Jeonbuk Hyundai Motors.

Sementara itu, Asnawi kini masih berada di Indonesia, tepatnya di kampung halamannya, Makassar. Dia sementara tidak kembali ke Ansan Greeners, meski klub sudah jalani latihan untuk persiapan musim baru.

Nampaknya, Asnawi mendapat izin untuk ikut pemusatan latihan dan persiapan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2022.

Pemain 23 tahun itu adalah bek andalan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Pada Piala AFF 2020 lalu, dia jadi wakil kapten dan bawa skuad Garuda tempati runner up.

Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Skuad Garuda akan dua kali bertindak sebagai ruan rumah pada babak penyisihan grup yakni melawan Kamboja pada 23 Desember dan menjamu Thailand pada 29 Desember 2022. 

Untuk persiapan Piala AFF 2022, Shin Tae-yong dilaporkan akan memimpin latihan mulai 4 Desember. Nantinya kegiatan itu dilakukan di Bali sesuai permintaan sang pelatih, hingga nanti jelang kejuaraan dua tahun tersebut.


indosport.com