3 Negara Peserta Piala Dunia 2022 yang Pernah Dikalahkan Timnas Indonesia, Nomor 1 Juara Dunia 2 Kali!

   

SEBANYAK 3 negara peserta Piala dunia 2022  ternyata pernah dikalahkan Timnas Indonesia.

Dalam sejarahnya, kualitas Timnas Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata.

Timnas Indonesia pernah mengalahkan sejumlah tim kuat dunia. Tim-tim kuat itu pun ambil bagian di Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Lantas, siapa saja negara peserta Piala dunia 2022 yang pernah dikalahkan Timnas Indonesia?

Berikut 3 negara peserta Piala Dunia 2022 yang pernah dikalahkan Timnas Indonesia:

3. Jepang


Timnas Jepang

Jepang saat ini berstatus negara kedua terkuat di Asia di bawah Iran. Penilaian ini muncul berdasarkan ranking FIFA terbaru yang dikeluarkan. Sebelum tumbuh sebagai tim kuat seperti sekarang, Jepang pernah dikalahkan Timnas Indonesia berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Timnas Indonesia beberapa kali menang atas tim Samurai Biru. Kemenangan pertama tersaji di Asian Games 1954, yang mana Timnas Indonesia menang 5-3.

Paling sensasional tercipta pada Turnamen Merdeka 1968. Saat itu, skuad Garuda menggilas Jepang dengan skor 7-0! Kemenangan terakhir Timnas Indonesia terjadi pada laga persahabatan yang berlangsung pada 1981. Timnas Indonesia mengakhiri laga dengan kemenangan 2-0.

2. Maroko


Timnas Indonesia U-23

(Alfin Tuassalamony bobol gawang Maroko di perebutan posisi tiga Islamic Solidarity Games 2013. (Foto: KORAN SINDO)

Indonesia pernah mengalahkan Maroko di fase grup Islamic Solidarity Games 2013 yang kala itu digelar di Palembang, Sumatera Selatan. Di bawah asuhan Rahmad Darmawan, Timnas Indonesia U-23 menang 1-0 via gol yang dilesakkan Fandi Eko Utomo.


1. Uruguay

Timnas Indonesia vs Timnas Uruguay

Di posisi puncak ada Uruguay. Dari era 1930-an hingga sekarang, Uruguay merupakan salah satu tim terkuat dunia. Los Celeste –julukan Uruguay– bahkan tercatat dua kali juara Piala Dunia, tepatnya pada 1930 dan 1950.

Meski berstatus tim kuat, Uruguay ternyata pernah kalah dari Timnas Indonesia. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam laga uji coba yang berlangsung pada 21 April 1974, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Uruguay.

Saat itu, Timnas Indonesia diperkuat sejumlah pemain top seperti Ronny Pasla, Ronny Pattinasarany, Abdul Kadir dan banyak lagi. Sayangnya, Timnas Indonesia juga pernah dipermalukan Uruguay.

Dalam laga uji coba yang kembali digelar di SUGBK pada Oktober 2010, Timnas Indonesia asuhan Alfred Riedl kalah 1-7 dari Uruguay! Meski begitu, kemenangan 2-1 Timnas Indonesia atas Uruguay selalu tercatat dalam sejarah.


Uniknya, kedua tim kembali bertemu di perebutan medali perunggu Islamic Solidarity Games 2013 cabang olahraga sepakbola. Kali ini, Maroko yang menang 2-1 atas Timnas Indonesia U-23.


bola.okezone.com