2 Rekor Timnas Indonesia di Piala Dunia yang Sulit Dipecahkan Sampai Kiamat Sekalipun!

   

ADA 2 rekor Timnas Indonesia di piala dunia yang sulit dipecahkan sampai kiamat sekalipun. Siapa sangka, Timnas Indonesia pernah tercatat bermain di Piala Dunia.

Hal itu tercatat di Piala Dunia 1938, di mana Timnas Indonesia ketika itu masih menggunakan nama Hindia Belanda. Torehan itu merupakan catatan mentereng bagi Timnas Indonesia sepanjang sejarah sepakbola Nusantara.

Selain menorehkan catatan manis, di balik kiprah Timnas Indonesia terdapat rekor yang sulit dipecahkan oleh negara manapun! Lantas, apa saja rekor yang dimaksud itu?

Berikut 2 rekor Timnas Indonesia di Piala Dunia yang sulit dipecahkan sampai kiamat!

2. Negara Paling Dikit Berlaga di Piala Dunia


Hindia Belanda

Dilansir dari laman FIFA, Timnas Indonesia pertama kali tampil di Piala Dunia 1938. Seperti yang sudah disinggung, Timnas Indonesia masih menggunakan nama Hindia Belanda.

Dalam sejarahnya, Hindia Belanda lolos ke Piala Dunia 1938 karena menggantikan posisi Jepang. Ketika itu, Asia hanya mendapatkan jatah satu tiket saja. Jepang yang lolos ke Piala Dunia 1938, menyatakan mundur.Alhasil, Hindia Belanda menggantikan tempat Jepang. Namun sayangnya, Hindia Belanda tak bisa bertahan lama. Mereka langsung tereliminasi usai kalah dari Timnas Hungaria di laga pertama, pada 5 Juni 1938.

Hindia Belanda kalah 0-6 dari Hungaria. Catatan itu membuat Timnas Indonesia jadi satu-satunya negara yang paling dikit bertanding di Piala Dunia. Sebab, format Piala Dunia saat ini sudah alami perubahan. Paling tidak satu tim bermain 3 kali di fase grup.

1. Satu-satunya Wakil Asia Tenggara di Piala Dunia

Timnas Indonesia

Meski menerima kekalahan di laga pertama, Timnas Indonesia tercatat jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang pernah mentas di Piala Dunia. Ketimbang, Prestasi ini jelas mengalahkan negara dari Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Singapura yang belum pernah menjajal Piala Dunia sampai saat ini.


bola.okezone.com