Harga Pasaran Asnawi Mangkualam Turun di Ansan Greeners, Eks PSM Balik ke Liga 1? Sosok Ini Paling Berjasa

Harga Pasaran Asnawi Mangkualam Turun di Ansan Greeners, Eks PSM Balik ke Liga 1? Sosok Ini Paling Berjasa (Instagram/@ansan_greeners_fc)
Harga Pasaran Asnawi Mangkualam Turun di Ansan Greeners, Eks PSM Balik ke Liga 1? Sosok Ini Paling Berjasa (Instagram/@ansan_greeners_fc)


Asnawi Mangkualam pemain Timnas Indonesia yang saat ini membela Ansan Greeners sedang menjadi perbincangan hangat publik.

Asnawi dirumorkan bakal segera mengakhiri kontrak bersama klub Ansan Greeners, setelah 2 tahun bersama klub tersebut.

Rumor hengkangnya Asnawi Mangkualam, dari klub kasta kedua Liga Korea ini tak lepas dari unggahannya di Instagram, yang seakan memberikan kode.

Terlihat dari unggahan Instagram pribadinya @asnawi_bhr, ia sedang berada di Stadion Ansan Greeners, sehingga potret unggahannya ini disebut-sebut ia akan segera mencari pelabuhan baru.


Namun belakangan bek kanan Timnas Indonesia ini pun, membantah bakal hengkang dari Ansan Greeners. Menurutnya ia masih punya kesempatan menitih karir di Korea.

Padahal ia juga sempat dikait-kaitkan dengan klub teratas Liga Korea, yakni Joenbuk Hyundai. Namun hal itu pun belum jelas.

Performa Asnawi mulai menanjak di musim keduanya bersama Ansan Greeners. Asnawi mencatatkan 27 penampilan di semua kompetisi bersama Ansan Greeners musim ini.

Mantan pemain PSM Makassar di musim keduanya berhasil mencetak dua gol. Bahkan Asnawi juga telah mencetak dua gol bersama klubnya ini.Dilansir Bondowoso Network dari Youtube K-League 2. Ia pun tak menampik dirinya sudah cukup nyaman berkarir di Liga Korea hingga saat ini.

"K League kualitas liganya sangat bagus. Tentunya saya bisa memberikan kontribusi yang saya dapatkan di sini bisa saya berikan ke timnas Indonesia," ucapnya.


Pemain 23 tahun punya hasrat menaikkan level permainannya. Ia secara blak-balakan ingin merasakan atmosfer K League, atau kasta tertinggi Liga Korea.

Namun menurutnya ia masih ingin fokus memberikan kontribusi kepada Ansan Greeners. Mengingat kontrak Asnawi bersama baru berakhir Desember 2023 mendatang.


"Tujuannya saya bisa memberikan lebih banyak kontribusi buat tim. Tentunya saya bisa bermain di kasta tertinggi di Korea Selatan," ungkap pemain berdarah Bugis ini.

Sementara itu dilansir Bondowoso Network dari laman transfermarkt, nilai pasaran Asnawi Mangkualam mengalami penurunan.Tercatat saat pertama datang ke Ansan, nilai pasaran pemain ini berada di angka Rp5,21 Miliar pada 22 April 2022. Lalu pada Desember 2021 menembus angka Rp6,52 Miliar. Namun saat ini mengalami penurunan di angka Rp5,65 Miliar.

Namun harga pasaran pemain yang memiliki nama lengkap Asnawi Mangkualam Bahar bisa saja kembali meningkat.


Jika ia mampu menampilkan performa terbaiknya di musim depan. Bahkan membuka potensi dirinya bisa dilirik klub terbaik di Korea.

Terbaru Asnawi saat ini sudah berada di kampung kelahirannya Makassar. Hal ini ia lakukan untuk memanfaatkan libur kompetisi Liga Korea.

Ia pun sempat bermain bersama punggawa klub Liga 1 PSM Makassar, Senin 24 Oktober 2020 lalu. Momen itu pun terjadi di lapangan Arso Minisoccer Makassar.

Sementara itu Asnawi sangat berterimakasih atas dukungan dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae yong. Sebab ialah orang yang cukup berjasa dalam menapaki karir di Korea saat ini.

"Berkat dia (STY) saya termotivasi bermain maksimal, dia pelatih timnas saya. Saya bisa terpantau coach Shin. Kalau saya tak maksimal, saya tak bisa dipanggil timnas, itu motivasi saya. Ketika dia datang, saya berusaha jadi terbaik. Ansan sejak awal sangat serius berminat dengan kemampuan saya," terang Asnawi.

Patut dinantikan kiprah Asnawi Mangkualam di Liga Korea, apakah ia bisa melanjutkan karirnya di negara tersebut. Atau ia malah kembali berkarir di Indonesia bersama salah satu klub Liga 1. ***



bondowoso.jatimnetwork.com