Gabung Grup A, Timnas Indonesia Ketiban Untung di Piala Asia U-20 2023

Timnas Indonesia U-20 bisa ketiban untung setelah dipastikan bergabung ke Grup A Piala Asia U-20 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 setelah meraih kemenangan sempurna di Grup F kualifikasi.

Pada laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, September lalu, Indonesia finis sebagai juara Grup F mengungguli Vietnam, Timor Leste dan Hong Kong.

Hasil tersebut memastikan Timnas Indonesia U-20 akan berlaga pada Piala Asia U-20 yang akan digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023.

Berdasarkan hasil drawing, Timnas Indonesia U-20 akan berhadapan dengan tuan rumah, Uzbekistan, Irak dan Suriah di Grup A.

Bermain di Grup A sejatinya bisa menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia U-20 karena hanya menghadapi satu musuh terberat yaitu Uzbekistan.

Timnas Indonesia U-20 secara khusus wajib mewaspadai Uzbekistan yang berhasil menyapu bersih Maladewa 7-0, mengalahkan Myanmar 3-0, menang 2-1 atas Arab Saudi, dan menang 2-1 atas China.

Salah satu pemain Uzbekistan yakni Muhammadali Usmonov perlu menjadi perhatian setelah berhasil mencetak hattrick ke gawang Maladewa.

Selain itu, Uzbekistan dipastikan mendapat keuntungan besar sebagai tuan rumah tidak perlu beradaptasi dengan lingkungan sekaligus mendapat dukungan penuh dari suporter.

Apalagi, Indonesia belum memiliki rekor positif saat berhadapan dengan Uzbekistan, sebelumnya skuad Garuda Nusantara kalah 3-1 pada babak penyisihan Piala Asia U-19 2014.

Kendati demikian, skuad Garuda Nusantara juga tidak boleh lengah saat berhadapan dengan Irak yang menempati peringkat 68 dunia, alias yang tertinggi di Grup A dan Suriah yang menempati ranking 90 dunia.(*)



genpi.co