Asnawi Mangkualam Hengkang, Witan Sualeman Sudah Gak Betah

 Akhir pekan ini menjadi momen yang tidak menyenangkan bagi penggawa timnas Indonesia di Superlig Slowakia. Setelah Egy Maulana Vikri, kini giliran Witan Sualeman yang memanaskan bangku cadangan.


Ini merupakan kali pertama Witan tidak diturunkan dalam pertandingan yang dijalani Trencin, di luar absennya sang pemain karena memperkuat timnas Indonesia melawan Curacao dalam laga uji coba.


Tentu saja situasi itu membuat Witan mengikuti jejak Egy. Sehari sebelumnya, Egy hanya memanaskan bangku cadangan FC ViOn Zlate Moravce ketika bermain imbang 2-2 melawan DAC 1904 Dunajska Streda di Stadion FC ViOn.


Munculnya sinyal Witan tidak diturunkan sebetulnya sudah terlihat di dua laga terakhirnya bersama Trencin.


 Witan hanya diberikan kesempatan bermain tidak lebih dari sepuluh menit. Dengan demikian, sejak diboyong ke Trencin, Witan telah tampil di sepuluh pertandingan di semua kompetisi.


Pemain lainnya Kmet mampu memperbesar keunggulan tuan rumah di menit ke-87, sebelum Andrej Fabry memperkecil kekalahan Skalica menjadi 3-1 di injury time.


Kabar Asnawi Mangkualam Bahar akan kembali ke Indonesia dan memutus untuk berpisah dengan klub yang ikut membesarkannya Ansan Greeners? spekulasi ini mencuat setelah ada beberapa tanda yang konon membuatnya pulang kampung. 


Sebenarnya apa pemicu sehinga dirinya akan hengkang? Pernyataan Asnawi di akhir musim dikomentari sang agen dan rekan satu timnya, sehingga memunculkan spekulasi akan hengkang. 


Masa depan Asnawi menjadi tanda tanya setelah pelatih Ansan Greeners Lim Jong-heon mengungkapkan sejumlah legiun asing klub K League 2 Korea Selatan itu bakal hengkang.


Sementara raihan Ansan pada musim ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Ansan mengakhiri musim 2022 di posisi kesembilan, atau turun dua tangga, dengan koleksi nilai 37 dari delapan kemenangan, 13 imbang, dan 19 kekalahan.


Kondisi Ansan tertatih-tatih di awal musim ketika ditangani Cho Min-kook. Manajemen lalu menunjuk Jong-heon sebagai penggantinya. Jong-heon mengungkapkan, badai cedera menjadi permasalahan utama Ansan pada musim ini.


“Klub melakukannya perombakan untuk memperkuat tim kami. Beberapa pemain akan berganti. Pemain dari perguruan tinggi juga sedang dalam proses penandatanganan kontrak,” ujarnya/


Sedangkan Asnawi tetap diturunkan pada pertandingan melawan Daejon, meski paha kanan mantan penggawa PSM Makassar itu terlihat dibebat perban. Asnawi hanya dimainkan selama 79 menit, dan selanjutnya digantikan Kim Ye-sung.