5 Pemain Naturalisasi yang Siap Menggila Bareng Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Nomor 1 Pernah Main di Liga Inggris

   

SEBANYAK 5 pemain naturalisasi yang siap menggila bareng timnas Indonesia di piala AFF 2022 akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah mantan pemain Liga Inggris.

PSSI menyelesaikan banyak proses naturalisasi pemain belakangan. Beberapa di antaranya ditargetkan untuk bisa tampil di akhir tahun ini ketika Piala AFF 2022 digelar.

Timnas Indonesia

Setidaknya, ada lima pemain yang diketahui akan tampil untuk tim asuhan Shin Tae-yong pada gelaran Piala AFF 2022. Siapa saja mereka? Silakan simak pembahasan berikut ini.

Berikut 5 Pemain Naturalisasi yang Siap Menggila Bareng Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

5. Marc Klok


Marc Klok

Marc Klok telah resmi menjadi WNI sejak 2020 lalu. Dia telah mengemas lima caps untuk Timnas Indonesia sejauh ini, dengan mencatatkan dua gol.

Teranyar, gelandang Persib Bandung tersebut berkontribusi dalam kemenangan 3-2 atas Curacao di FIFA Matchday September 2022. Dari sana, sudah terlihat bahwa Marc Klok akan menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022 nanti.

4. Stefano Lilipaly


Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly sudah lama membela Timnas Indonesia. Dia sudah bermain dalam 27 pertandingan untuk Garuda dengan mencetak tiga gol.


Pada musim ini, Stefano Lilipaly telah menunjukkan kegemilangannya bersama Borneo FC. Dari 18 penampilan di semua ajang, pemain berusia 32 tahun ini sukses mencetak lima gol dan enam assist.

3. Shayne Pattynama


Shayne Pattynama

Shayne Pattynama masih dalam proses naturalisasi menjadi WNI. Sejauh ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bersurat kepada DPR RI untuk mengurus proses naturalisasi pemain berdarah Belanda tersebut.

Shayne Pattynama adalah seorang bek kiri yang bermain untuk sebuah tim asal Norwegia, Viking FK. Sepanjang musim ini, dia telah bermain 25 kali di semua ajang dengan menciptakan sebuah assist.

2. Sandy Walsh


Sandy Walsh

Sandy Walsh adalah seorang bek kanan yang bermain untuk tim kasta tertinggi Liga Belgia, KV Mechelen. Pemain 27 tahun tersebut telah bermain dalam 14 pertandingan di semua ajang untuk klubnya, dengan mencetak dua gol dan dua assist.

Proses naturalisasinya hampir selesai, dia hanya tinggal menunggu disumpah menjadi WNI. Namun mungkin ada rintangan dari KV Mechelen karena piala AFF 2022 digelar di tengah musim. Dalam situasi ini, lobi PSSI diharapkan membuahkan hasil.

1. Jordi Amat


Jordi Amat

Sama halnya seperti Sandy Walsh, Jordi amat tinggal menunggu waktu saja untuk menjadi WNI. Proses naturalisasinya kini hanya menunggu untuk disumpah setelah disetujui DPR RI pada bulan September lalu.

Dia memiliki CV mentereng karena pernah membela klub-klub top Eropa sebelumnya. Bek tengah berusia 30 tahun itu pernah membela Swansea pada periode 2013 hingga 2017 silam.

Jordi Amat, yang memiliki paspor Spanyol, juga pernah bermain di kasta tertinggi Liga Spanyol bersama Real Betis, Rayo Vallecano, dan Espanyol. Pada saat ini, dia membela tim asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim.


bola.okezone.com