5 Alasan Shin Tae-yong Wajib Bertahan di Timnas Indonesia, Nomor 1 Paling Penting

Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong mengancam pergi meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Indonesia jika Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan mundur dari jabatannya.

Iriawan saat ini memang menjadi sorotan karena tak mau mundur sebagai Ketum PSSI usai adanya tragedi Kanjuruhan yang memakan korban hingga 131 orang. Kebanyakan para pencinta sepakbola Tanah Air menganggap Iriawan harus bertanggung jawab sebagai Ketum PSSI dengan cara melepaskannya jabatannya itu.

Kendati demikian, Iriawan tak mau menuruti apa yang diinginkan para pencinta sepakbola Tanah Air, sekali pun petisi Ketum PSSI itu mundur telah dilakukan. Ketika semua mata tertuju kepada Iriawan, Shin Tae-yong lantas hadir dan mengatakan keinginannya untuk mundur sebagai pelatih Timnas Indonesia jika Iriawan tak lagi berada di posisi Ketum PSSI.

Pernyataan Shin Tae-yong itu lantas membelah pendukung Timnas Indonesia. Ada yang tak ingin Shin Tae-yong pergi, tapi ada juga yang kecewa dengan sikap pelatih asal Korea Selatan itu hingga akhirnya rela melepaskannya dari Timnas Indonesia.

Tentunya ada beberapa kerugian yang akan terjadi jika Shin Tae-yong pergi, namun ada juga sejumlah alasan yang justru membuat Shin Tae-yong harus tetap bertahan di Timnas Indonesia. Lantas apa saja alasannya?

Berikut 5 Alasan Shin Tae-yong Wajib Bertahan di Timnas Indonesia:

5. Shin Tae-yong Membangun Timnas Indonesia dengan Kerangka yang Jelas


Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mendapatkan kesempatan menangani Timnas Indonesia U-20, U-23 dan senior. Hal itu membuat Shin Tae-yong bisa membangun timnya dengan berisikan tim-tim muda.

Kerangka yang dibangun Shin Tae-yong pun semakin jelas karena ia membuatnya sejak di level usia muda. Jadi, tak heran jika di tim senior pun didominasi para pemain muda.

Pada ajang Piala AFF 2020 saja Shin Tae-yong membawa para pemain muda dan ternyata hal tersebut bisa dikatakan cukup berhasil. Timnas Indonesia pada saat itu sukses mencapai final dan menjadi runner-up dengan skuad yang didominasi para pemain muda.

4. Kerap Tularkan Kebiasaan Baik ke Pemain


Shin Tae-yong

Semenjak ada Shin Tae-yong, para pemain Timnas Indonesia memiliki banyak hal positif yang bisa dipelajari. Baik itu masalah kedispilinan, menjaga pola makan, sampai bersikap di lapangan.

Shin Tae-yong memang dikenal tegas, tapi ia tidak pelit membagikan ilmu kepada anak buahnya. Shin Tae-yong selalu menularkan hal-hal baik yang tentunya bisa diambil oleh para penggawa skuad Garuda.

3. Punya Koneksi dengan Klub Luar Negeri

Shin Tae-yong

Semenjak ditangani Shin Tae-yong, Timnas Indonesia banyak melakukan pemusatan latihan (TC) di luar negeri. Tak hanya sekadar TC saja, tapi latihan pertandingan uji coba pun dilakukan Timnas Indonesia.

Beberapa tim dari negara yang disambangi Timnas Indonesia pun banyak yang mau berlatih bersama skuad Garuda. Hal itu tak terlepas dari koneksi yang dimiliki Shin Tae-yong.

Hadirnya Shin Tae-yong juga menguntungkan pemain Timnas Indonesia yang ingin barkarier di luar negeri. Sebut saja seperti Asnawi Mangkualam yang kini bermain di K-League 2, Ansan Greeners berkat rekomendasi Shin Tae-yong.

2. Memiliki Taktik dan Pengalaman Kelas Dunia

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong adalah pelatih kelas dunia. Ia pernah menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 hingga membuat Jerman tersingkir di fase grup turnamen tersebut.

Shin Tae-yong bisa dipercaya menangani Timnas Korea Selatan karena kaya akan taktik dan pengalaman. Hal itulah yang juga membuat PSSI tertarik kepadanya.

Saat melatih Timnas Indonesia, kehebatan Shin Tae-yong dapat terlihat jelas dari keputusan pemanggilan pemain, formasi yang dipakai tergantung lawan yang dihadapi, dan kehebatan dalam pertukaran pemain.

1. Demi Tampil Maksimal di Piala Asia 2023 dan Piala Dunia U-20 2023

Shin Tae-yong

Sepakbola Indonesia memiliki banyak agenda besar di 2023 mendatang, seperti Piala Asia U-20 2023, Piala Asia 2023, dan Piala Dunia U-20 2023. Ketiga turnamen itu seharusnya menjadi ajang bagi Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-20 semakin bersinar.


Untuk bisa berbicara banyak di ajang-ajang tersebut, Shin Tae-yong sudah membangun timnya sejak lama. Jika ia pergi, maka pelatih baru nantinya harus beradaptasi lagi dan ada saja perubahan yang terjadi.


Dengan membuat Shin Tae-yong bertahan, maka Timnas Indonesia tidak perlu dari nol untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023 atau Piala Asia 2023 mendatang.



bola.okezone.com