Kata Luis Milla Soal Kondisi Pemain Persib dan Persiapan Hadapi RANS Nusantara FC, Singgung Konate


Jelang duel Persib Bandung vs RANS Nusantara FC di pekan ketujuh Liga 1 2022/2023 pelatih Luis Milla terus menggembleng dan mempersiapkan Marc Klok dkk.

Dijadwalkan laga Persib Bandung vs RANS Nusantara FC akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu, 4 September 2022, besok.

Pada Jumat 2 September 2022 sore, Luis Milla kembali menggelar sesi latihan bersama skuat Persib Bandung di Stadion Sidolig, Kota Bandung.

Ya, Luis Milla langsung mengomandoi sesi latihan kali ini sebagai persiapan duel Persib Bandung vs RANS Nusantara FC.

 Luis Milla membeberkan bahwa seluruh pemain Persib Bandung sudah menjalani menu latihan dengan baik sesuai keinginan dan instruksi darinya.

"Saya melihat mereka melakukan pekerjaan dengan baik, pemain melakukan tugasnya dengan benar. Mereka juga tadi berlatih dengan usaha dan sikap yang bagus. Ini adalah salah satu cara untuk bisa memenangkan pertandingan," kata Luis Milla dikutip Tribun Bali via laman Tribun Jabar.

Entrenador asal negeri Matador (Spanyol) ini mengaku cukup senang dengan kondisi para pemain Persib Bandung saat ini.

Marc Klok dkk, kata Luis Milla, telah bekerja keras pada sesi latihan Persib Bandung untuk menghadapi RANS Nusantara FC.

"Saya menghargai usaha mereka, menghargai apa yang mereka kerjakan. Dalam dua hari terakhir mereka bekerja dengan keras, tim melakukan usaha yang bagus untuk memahami konsep permainan dan ide yang baru," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemain perlu waktu untuk memahami strategi yang telah di berikan oleh Luis Milla.

"Tapi memang perlu waktu (untuk benar-benar memahaminya)," ucap mantan pemain Barcelona dan Real Madrid ini.

Mengenai persiapan melawan tim asuhan Rahmad Darmawan, Luis Milla mengatakan bahwa RANS merupakan tim yang bagus dan perlu diwaspadai meskipun saat ini tim tersebut sedang berada di bawah Persib Bandung.

"Bagi kami penting untuk fokus pada persiapan tim sendiri dan menghormati RANS sebagai lawan. RANS merupakan tim yang memainkan sepakbola yang sangat bagus, mereka juga memiliki banyak pemain yang sangat bagus terutama pada posisi gelandang,"

"Ada pemain Jepang (Mitsuru Marouka), Makan Konate juga merupakan pemain dengan teknik yang sangat bagus. Kami menaruh hormat pada mereka, tapi kami juga ingin mendapatkan hasil yang bagus di pertandingan," ucap Luis Milla.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini berharap, suporter bisa datang langsung ke Stadion GBLA untuk memberikan dukungan kepada Maung Bandung.

"Kami butuh dukungan suporter, kami butuh bobotoh untuk datang menuju stadion guna mendukung kami," ucapnya.

Pertahanan jadi sorotan

Lini pertahanan Persib Bandung saat ini tengah menjadi sorotan hangat setelah di laga sebelumnya dibuat babak belur melawan PSM Makassar dengan hasil kalah telak 1-5.

Kekalahan telak tersebut menyebabkan Persib Bandung mencatatkan klub yang paling banyak kemasukan gol di Liga 1 2022/2023 dengan lesakan 18 gol dari tujuh kali penampilannya.

Catatan ini tentu berbeda dengah torehan Persib Bandung di musim sebelumnya di Liga 1 2021/2022 yang hanya kemasukan 22 gol dari 34 pertandingan.

Alhasil, Persib Bandung pun harus rela melepas status sebagai klub dengan pertahanan terbaiknya lantaran kinerja buruk sektor pertahanan di musim ini.

Imbas lainnya adalah kiprah bek Nick Kuipers yang turut panen kritik dan kekecewaan dari suporter Persib Bandung, bobotoh.

Ya, para bobotoh menganggap performa Nick Kuipers dalam mengomandoi sektor pertahanan Persib Bandung di awal Liga 1 2022/2023 justru anjlok.

Namun demikian, menelisik lebih jauh, terdapat faktor utama yang menyebabkan lini belakang Persib Bandung yang juga dipenggawai oleh Nick Kuipers terlihat lemah.

Adapun faktor utama dimaksud adalah absennya sejumlah pemain inti di sektor pertahanan Persib Bandung karena badai cedera.

Suka tidak suka, menepinya beberapa pilar utama di lini bek Persib Bandung turut membuat barisan pertahanan Maung Bandung sangat rapuh.

Dimulai absennya kiper Teja Paku Alam, bek tengah Victor Igbonefo, bek kanan Henhen Herdiana, hingga gelandang Beckham Putra.

Melansir laman resmi klub, Jumat 2 September 2022, Nick Kuipers pun turut merasa bersalah.

Namun tak ingin terus meratapi kesalahannya, Nick Kuipers memilih bangkit dan berjanji untuk meningkatkan performa dan kualitasnya demi Persib Bandung yang lebih baik lagi.

“Terlalu banyak kebobolan tentu saja merupakan hal tidak bagus. Tapi setiap hari kami bekerja untuk memperbaikinya,” ujar Nick Kuipers.

Bek impor dari Belanda tersebut menilai skuat Persib Bandung saat ini tengah bekerja keras untuk mengembalikan performa terbaiknya, khususnya di sektor pertahanan.

 Nick Kuipers pun siap bekerja maksimal dan memberikan yang terbaik bagi Persib Bandung seperti performa apik di musim sebelumnya.

“Saya merasa bertanggung jawab atas hal ini. Seperti yang saya katakan, kami bekerja setiap harinya untuk bisa mengatasi ini dan mencatatkan clean sheet lagi,” ucap Nick Kuipers.

Apalagi pelatih asal Spanyol, Luis Milla mulai melakukan tugasnya menambal kelemahan Persib Bandung lewat program latihan yang diberikan.

Meski terasa berat, Nick Kuipers yakin Luis Milla mampu menambah kualitas Persib Bandung.

“Menyenangkan pula dengan program latihan seperti ini. Hanya sebentar, tapi berat. Saya rasa ini latihan yang sangat bagus. Saya senang terhadapnya,” ucap Nick Kuipers.