Profil Mulia Sugeharto, Pemain Keturunan Indonesia yang Bela Malaysia di Piala AFF U-16 2022

Pemain Timnas Malaysia U-16 keturunan Indonesia, Mulia Sugeharto. (Instagram/@_muliahairi)

Mengenal sosok Mulia Sugeharto, penggawa Timnas Malaysia U-16 di Piala AFF U-16 2022 yang ternyata merupakan pemain keturunan Indonesia.

Timnas Malaysia U-16 memang tak berada dalam satu grup dengan Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022 ini.

Namun, rivalitas yang dimiliki kedua tim memiliki sisi unik yang menarik untuk dibahas, saat keduanya sama-sama mengikuti kompetisi di level Asia Tenggara.

Salah satu sisi unik yang dimiliki adalah mengenai kehadiran pemain berdarah Indonesia yang membela kubu Malaysia.

Untuk Piala AFF U-16 2022 ini, ternyata ada satu pemain keturunan Indonesia yang membela Malaysia. Sosok tersebut adalah Mulia Hairi bin Mulia Sugeharto.

Hadirnya nama Mulia Hairi bin Mulia Sugeharto di skuad Timnas Malaysia U-16 pun sempat menjadi perbincangan. Sebab, namanya identik dengan nama-nama orang Indonesia.

Dugaan bahwa Mulia Hairi bin Mulia Sugeharto merupakan pemain keturunan Indonesia kemudian diamini oleh pelatih Timnas Malaysia U-16, Osmera Omaro.

Osmera Omaro mengklaim bahwa Mulia Hairi bin Mulia Sugeharto merupakan pemain keturunan Indonesia dari sang ayah.

"Iya betul (keturunan Indonesia), dari bapaknya," kata Osmera Omaro kepada pewarta, termasuk Bolatimes.com.

Meski memiliki garis keturunan Indonesia, Mulia Hairi bin Mulia Sugeharto ternyata lahir dan besar di Malaysia.

Dilansir dari data pemerintah Malaysia, Mulia Hairi lahir di Selangor pada 1 November 2006. Ia termasuk dalam bagian Academy Mokhtar Dahari (AMD).

Academy Mokhtar Dahari (AMD) sendiri merupakan akademi bentukan pemerintah Malaysia guna mencetak pemain-pemain muda untuk masa depan sepak bola Harimau Malaya.

Hal ini lantas membawa Mulia Hairi tampil untuk membela Timnas Malaysia di kelompok umur, terutama di Piala AFF U-16 2022 ini.

Mulia Hairi pun turut ambil bagian dan termasuk dalam 25 pemain terpilih yang dibawa Osmera Omaro ke Yogyakarta untuk Piala AFF U-16 2022.

Meski demikian, Mulia Hairi nyatanya belum pernah membela Timnas Malaysia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Dalam dua pertandingan yang telah dilakoni Malaysia di babak grup Piala AFF U-16 2022, pemain yang berposisi sebagai bek ini sama sekali tak diturunkan oleh Osmera Omaro.

Saat Malaysia U-16 menghadapi Kamboja dan Myanmar, Mulia Hairi tercatat hanya duduk di bangku cadangan dan tak pernah diturunkan.

Meski begitu, kesempatan bagi Mulia Hairi tampil untuk Malaysia U-16 terbuka lebar. Sebab, tim arahan Osmera Omaro berpeluang besar melangkah jauh di ajang ini.

Saat ini, Malaysia tinggal berhadapan dengan Australia di laga terakhir demi memastikan mengunci posisi pertama grup C dan melangkah ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama