Media Malaysia Sorot Kepindahan India Gantikan Indonesia di AFF


Media Malaysia, Makan Bola ikut menyoroti kabar kepindahan India untuk menggantikan posisi Indonesia di Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Sebelumnya, beredar wacana Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana hengkang dari AFF untuk bergabung dengan Federasi Sepak bola Asia Timur (EAFF).

Isu tersebut merebak setelah PSSI mendapat desakan dari penggemar yang kecewa dengan aturan AFF yang dinilai menjadi penyebab gugurnya Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pun mengungkapkan bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi dengan EAFF, dan mendapat tanggapan positif.

Di tengah kabar tersebut, India dikabarkan berniat untuk bergabung dengan AFF untuk menggantikan posisi kosong yang ditinggalkan Indonesia nantinya.

Makan Bola, Minggu (31/7), menyoroti keinginan India untuk bergabung dengan AFF telah ada sejak tahun lalu, hanya saja belum terealisasi akibat pandemi Covid-19.

Media Malaysia Sorot Kepindahan India Gantikan Indonesia di AFF

Sekjen Federasi Sepak bola India (AIFF), Kushal Das belum lama ini menyatakan keinginan India untuk meninggalkan Federasi Sepak bola Asia Selatan (SAFF).

"Tujuan kami pindah ke AFF untuk memastikan timnas kami bersaing di kompetisi terbaik. AFF memberikan feedback positif dan jika mereka menerima kami ke AFF, maka kami akan serius dalam turnamen ini," ujarnya dalam wawancara dengan Times of India.

Pernyataan tersebut membuat Makan Bola menyimpulkan bahwa kepindahan India ke AFF akan menggantikan posisi Indonesia.

"Kabar kepindahan India ke AFF menimbulkan berbagai spekulasi karena dinilai mampu menggantikan posisi Indonesia yang ingin masuk ke EAFF," tulis Makan Bola.

Kendati demikian, kepindahan Indonesia ke EAFF tampaknya memiliki peluang yang kecil, Mochamad Iriawan sempat menegaskan bahwa pindah federasi bukan keputusan yang mudah, diperlukan analisis mendalam dan memakan waktu.

Apalagi, AFF dinilai sebagai kompetisi yang paling pas dengan level Timnas Indonesia saat ini.(*)

GenPI.co

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama