Piala AFF U-19: Dididik 2 Legenda Inggris, Pemain Serba Bisa Ini Pede Jadi Pilihan Utama Shin Tae-yong

Pemain serba bisa Timnas Indonesia U-19, Subhan Fajri, sangat optimistis terpilih ikut Piala AFF U-19 2022. Foto: PSSI

Pemain serba bisa Timnas Indonesia U-19, Subhan Fajri, sangat optimistis terpilih ikut Piala AFF U-19 2022. Dia bahkan meyakini jadi pilihan utama di Starting XI skuad Garuda Nusantara.

Subhan percaya diri karena merasa punya kemampuan untuk bersaing dengan pemain lain. Poin plusnya, pemain milik Dewa United itu bisa bermain di dua posisi, baik sebagai bek sayap hingga gelandang sayap atau winger.

"Peluang saya? insa Allah saya optimis. Saya bisa dapatkan posisi bahkan posisi inti," ujar Subhan Fajri.

"Saya mau merebutnya. Saya mau bersaing di sini karena saya merasa mampu," imbuhnya.

Menurut Subhan, dalam pemusatan latihan Timnas U-19 yang sedang berlangsung di Jakarta, Shin Tae-yong meminta pemain lakukan latihan dasar, endurance, hingga satu lawan satu supaya lebih kuat staminanya.

Pemain 19 tahun itu menyatakan latihan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong membuatnya makin kuat. Subhan menilai, metode yang digunakan juru taktik 52 tahun itu sangat berbeda dengan di klub.

"Latihan di sini (Timnas U-19) dengan coach Shin itu beda banget. Sangat jauh beda dan jarang didapat di klub, sudah sepak bola modern," ujar eks Persiraja Banda Aceh itu.

Subhan Fajri punya modal bersaing di Timnas U-19. Dia bisa dikatakan hampir matang di kompetisi, setelah dapatkan menit bermain di Liga 1 2021 bersama Persiraja dengan catatan 11 kali penampilan.

Anak muda asal Aceh itu juga pernah menimba ilmu di Inggris bersama Garuda Select. Subhan Fajri ditangani legenda Timnas Inggris, Dennis Wise dan Des Walker, dan melawan tim U-19 klub papan atas Liga Inggris.

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

Target Juara Piala AFF U-19

Sementara itu, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong, memanggil 30 pemain plus tiga pemain keturunan untuk persiapan Piala AFF U-19 2022. Tapi, hanya 23 yang dibawa dan dipastikan tanpa pemain keturunan.

Pada ajang Piala AFF U-19, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja, dan Singapura.

Baik PSSI maupun Shin Tae-yong menargetkan Timnas Indonesia U-19 jadi juara di Piala AFF U-19 2022. Ajang ini juga sekaligus pemanasan sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Untuk Piala AFF U-19 2022, PSSI akan menggelar pertandingan di dua tempat untuk ajang ini, yakni Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi dan Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan mendapatkan cuti pada bulan Juli mendatang. Nantinya Shin Tae-yong akan kembali ke negara asalnya, Korea Selatan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang menjalani periode padat bersama Timnas Indonesia.

Agenda padat memang harus dijalani Shin Tae-yong karena memang dirinya menangani tiga kelompok umur Timnas Indonesia. Dari Timnas Indonesia U-19, Timnas Indonesia U-23 hingga Timnas Indonesia senior.

Setelah melalui agenda padat bersama Timnas Indonesia sejak tahun lalu, PSSI pun memberikan libur khusus kepada Shin Tae-yong.

Namun sebelum cuti, Shin Tae-yong akan mengarungi perhelatan Piala AFF U-19 pada 2 hingga 15 Juli.

3 Alasan Vietnam Jadi Lawan Mengerikan di Piala AFF U-19

Timnas Indonesia bakal menghadapi Vietnam di penyisihan grup Piala AFF U-19 2022 pada bulan Juli mendatang. Sebagai tuan rumah Grup A, skuat Garuda Muda tentu membidik hasil maksimal ketika menghadapi para rivalnya.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Berdasarkan jadwal Piala AFF U-19 2022, mereka akan bersua tim tangguh Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/22).

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tim sepak bola Vietnam memiliki reputasi yang apik di kancah Asia Tenggara. Bukan hanya skuat senior, para pemain kelompok umur mereka tentunya juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

Pasalnya, Timnas Vietnam U-19 saat ini ditangani oleh Dinh The Nam, yang notabene bukan pelatih sembarangan.

Sejarah mencatat, ia adalah sosok di balik kesuksesan Vietnam menjuarai Piala AFF U-23 2022 awal tahun ini ketika Park Hang-seo ditugaskan untuk fokus ke tim senior.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama