Shin Tae-yong Akan Panggil Pemain Timnas Indonesia di Luar Negeri Untuk SEA Games



Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memastikan akan membawa skuad terbaiknya untuk ajang SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Ia juga akan memanggil pemain yang bermain di luar negeri.

Timnas U-23 Indonesia akan menjalani beberapa agenda pada penting pada tahun 2022 ini. Pada bulan Februari lalu, timnas U-23 Indonesia seharusnya berpartisipasi di Piala AFF U-23 2022 di Kamboja. Tetapi, skuad Garuda Muda batal ikut karena kondisi skuad yang tidak ideal akibat diterjang Covid-19.

Turnamen terdekat yang bakal dihadapi oleh timnas U-23 Indonesia adalah SEA Games 2021 yang akan digelar di Hanoi pada bulan Mei mendatang.

Shin Tae-yong menyatakan akan mempersiapkan dengan matang ajang tersebut. Berbeda dengan Piala AFF U-23 yang diplot untuk diperkuat pemain lokal saja, pada SEA Games Shin Tae-yong bakal memanggil juga para pemain yang saat ini berkarier di luar negeri.

"Setelah ini, kita harus mempersiapkan pemanggilan pemain untuk pemusatan latihan SEA Games yang diikuti pemain dari klub dalam negeri dan luar negeri," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI. "Untuk itu, harus dilakukan komunikasi dari sekarang.”

Saat ini setidaknya ada lima pemain U-23 andalan Shin Tae-yong yang berkarier di luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.

Meski SEA Games bukan agenda FIFA, tetapi kemungkinan besar pemanggilan pemain di luar negeri akan lebih mudah karena mayoritas kompetisi sudah rampung atau memasuki jeda tengah musim.

Namun demikian, untuk saat ini Shin Tae-yong masih fokus untuk pemusatan latihan (TC) timnas U-19 Indonesia yang bersiap menyambut Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Pada tanggal 7 Maret mendatang, pasukan Garuda Muda akan terbang ke Korea Selatan untuk melakoni TC. Rencananya, timnas U-20 Korea Selatan bakal jadi lawan uji coba timnas U-19 Indonesia.

Agenda timnas U-19 Indonesia itu juga membuat jadwal uji coba tim senior dibatalkan pada Maret ini. Seharusnya pada akhir bulan Maret ini, timnas Indonesia bakal melakoni laga FIFA Matchday. Karena permintaan langsung dari Shin Tae-yong, uji coba itu batal dilaksanakan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama