Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23, Pemain Persib dan Persija Dipanggil Shin Tae-yong



Daftar Pemain Timnas Indonesia terbaru yang disiapkan Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022 telah diumumkan. Ada beberapa nama baru dari Persija dan Persib.

Mereka juga sudah menjalani pemusatan latihan di Bali, yang berlagsung pada 4-10 Februari 2022. Diketahui Jadwal Piala AFF U23 2022 akan dimulai pada 14 Februari 2022, ada laga Timnas Indonesia vs Laos.

Sebanyak 29 pemain Timnas Indonesia telah dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong. Daftar pemain ini untuk mengisi berbagai posisi dan dipersiapkan untuk turnamen Piala AFFU-23 2022.

Di antara 29 pemain Timnas Indonesia U23 yang kini menjalani pemusatan latihan di Bali, ada 3 penjaga gawang, 13 bek, 8 gelandang, dan 5 penyerang.

Dalam daftar pemain Timnas Indonesia U23 terbaru yang telah dirilis oleh PSSI, ada sejumlah nama baru.

Mereka akan dikombinasikan dengan sejumlah pemain yang sudah memperkuat Timnas Indonesia senior di Piala AFF 2020 di Singapura pada beberapa waktu lalu.

Seluruh pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong itu tercatat berasal dari klub-klub lokal dan selama ini berlaga di Liga 1 Indonesia.

Sementara itu, pemain-pemain lain yang tampil di luar negeri, seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman, tidak dipanggil dalam pemusatan latihan menuju Piala AFF U23 2020.

Dalam turnamen kelompok umur di mana Timnas Indonesia U23 merupakan juara bertahan itu, pelatih Shin Tae-yong bakal mengandalkan pemain-pemain muda yang diharapkan tampil maksimal dan menjadi kekuatan utama Garuda Muda di ajang SEA Games 2022 maupun Asian Games 2022.

Mereka yang dipanggil ke training center (TC) Timnas Indonesia U23 sudah menjalani latihan perdana di Bali sejak 4 Februari lalu. Latihan perdana itu dipimpin oleh asisten pelatih Nova Arianto.

"Latihan hari ini fokus ke recovery [fisik]. Seluruh pemain dalam keadaan baik, hanya Gunansar (Mandowen) saja yang mengalami sedikit cedera," kata Nova dikutip dari laman PSSI.

Sehari setelahnya, semua pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia U23 menjalani vaksinasi Covid-19 dosis booster. Penyuntikan dosis ketiga ini menggunakan vaksin Pfizer.

Setelah menjalani TC di Bali, skuad Timnas Indonesia U23 akan terbang ke Kamboja untuk bertanding di Piala AFF U23 2022. Turnamen ini berlangsung mulai 14 Februari 2022.

Di Piala AFF U23 2022, Timnas Indonesia masuk dalam Grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos.

Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan. Timnas Indonesia mengggelar laga persahabatan atas Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam. (Twitter PSSI)

Pada babak penyisihan grup, Timnas Indonesia U23 akan menghadapi Laos pada 15 Februari mendatang, lalu melawan skuad Myanmar (18 Februari 2022) dan Malaysia (21 Februari 2022).

Di posisi penjaga gawang, pelatih Shin Tae-yong memanggil Muhammad Riyandi, yang sudah memperkuat timnas senior sejak Pra Piala Dunia 2022 hingga Piala AFF 2020.

Selain itu, Shin juga memanggil Muhammad Adi Satriyo, yang pernah menjadi andalannya saat melakukan pemusatan latihan Timnas Indonesia U19 di Kroasia.

Nama penjaga gawang lainnya, yang bakal menjalani debut di timnas Indonesia U23 adalah Cahya Supriyadi, yang merupakan penjaga gawang ketiga Persija Jakarta di Liga 1 2021/2022.

Sementara itu, untuk posisi bek, ada Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Pratama Arhan, dan Rahmat Irianto, yang merupakan jebolan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, dan bakal dipadukan dengan pemain-pemain baru.

Uniknya, pelatih Shin Tae-yong memanggil 13 pemain di posisi bek, atau yang paling banyak dibanding pemain dengan posisi lainnya.

Namun, oleh karena skuad yang dipanggil belum skuad final yang bakal dibawa ke Piala AFF U23 di Kamboja, beberapa pemain kemungkinan bakal dicoret.

Adapun untuk posisi penyerang, pelatih Shin Tae-yong kembali memanggil Irfan Jauhari, yang pernah menjadi andalannya di Timnas U19, serta Hanis Saghara Putra.

Selain itu, ada juga nama Ronaldo Joybera, yang sempat turut bermain di laga uji coba Timnas Indonesia melawan Timnas Timor Leste.

Pengisi posisi penyerang di Timnas U23 menjadi salah satu yang paling sulit ditentukan karena tak mudah mencari pemain yang sesuai dengan kriteria dari Shin Tae-yong.

Tidak hanya di kelompok umur 23 tahun, posisi penyerang tengah juga menjadi masalah utama Timnas Indonesia senior.

Dari nama-nama penyerang yang sudah dipanggil oleh Shin Tae-yong, tidak ada pemain yang bertipikal penyerang murni.

Karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa Timnas Indonesia U23 bakal bermain dengan false nine di turnamen Piala AFF U-23 2022. (Rendy Nicko Ramandha)

Daftar Pemain TC Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23 2022 :

Penjaga Gawang: Muhammad Adisatryo (Persik Kediri), Cahya Supriadi (Persija Jakarta), Muhammad Riyandi (Barito Putera).

Bek: Komang Teguh (Borneo FC), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Bayu Fiqri (Persib Bandung), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Achmad Figo (Arema FC), Pratama Arhan (PSIS Semarang), Komang Tri (Bali United), Muhammad Ferrari (Persija Jakarta), Kakang Rudianto (Persib Bandung), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Subhan Fajri (Persiraja Banda Aceh), Irsan Lestaluhu (Persipura), Bagas Kaffa (Barito Putera).

Gelandang: Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura), Eka Febri (PSIS Semarang), Genta Alparedo (Arema FC), Muhammad Iqbal (Persita Tangerang), Gunansar Mandowen (Persipura Jayapura), Beckham Putra (Persib Bandung).

Penyerang: Muhammad Kanu (PSS Sleman), Irfan Jauhari (Persija Jakarta), Ronaldo Kwateh (Madura United), Hanis Saghara (Tira Persikabo), Taufik Hidayat (Persija Jakarta).

banjarmasinpost.co.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama