Alasan Shin Tae-yong tak Panggil David Maulana dan Brylian Aldama ke Timnas U-23

Septian David Maulana

Dua pemain muda Indonesia yang bermain di liga di Eropa, David Maulana dan Brylian Aldama sepertinya luput dari pantauan Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak pernah memanggil David Maulana dan Brylian Aldama sejak keduanya merumput di Kroasia.

Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tampak melewatkan dua gelandang muda terbaik Indonesia yang merumput di Eropa.


Shin Tae-yong baru saja mengumumkan daftar 29 pemain timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti Piala AFF U-23 2022 di Kamboja pekan depan.

Dalam daftar tersebut, Shin Tae-yong hanya memasukkan para pemain "lokal" yang merumput di Liga 1.

Baca juga: Fakta-Fakta Skuad Timnas U-23 Indonesia Pilihan Shin Tae-yong di AFF U-23, 6 Pemain U-19 Promosi

Sejak awal, Shin Tae-yong memang menyatakan tak akan melibatkan pemain berbasis luar negeri yang selama ini menjadi andalan.

Sejumlah pemain luar negeri yang bersinar di Piala AFF 2020 antara lain Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, hingga Elkan Baggott.

Nama-nama beken itu sejatinya bisa didaftarkan untuk Piala AFF U-23 2022, tetapi diputuskan agar masing-masing mencari menit main di klub.

Hanya, daftar terbaru untuk terbang ke Kamboja juga menguak satu hal tentang kemungkinan luputnya Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong lagi-lagi tak menyinggung dua pemain Indonesia yang merumput di Kroasia, yaitu David Maulana dan Brylian Aldama.

David Maulana dan Brylian Aldama, keduanya baru berusia 19 tahuh, sesungguhnya bisa memperkuat lini tengah tim Garuda.

Namun, Shin Tae-yong tampak melupakan David dan Brylia semenjak keduanya merumput bersama HNK Rijeka (dan dipinjamkan ke NK Pomorac).

Baik David dan Brylian tercatat pernah menjadi letnan kepercayaan Shin Tae-yong di timnas Indonesia U-20 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Pemain Garuda Select, Brylian Aldama. (MOLA TV)Baca juga: Persija Jakarta Bertekad Jadikan Arema FC Korban Kebangkitan Macan Kemayoran, Mampukah?

Semasa pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 di Kroasia pada September-Oktober 2021, David dan Brylian nyaris selalu bermain.

David bahkan mendapat kehormatan sebagai kapten, dan Brylian mencatatkan satu gol ke gawang Qatar U-20.

Sejak Brylian direkrut HNK Rijeka pada Januari 2021 dan disusul David enam bulan kemudian, Shin Tae-yong tak pernah melirik lagi.

Saat Indonesia U-23 bertanding melawan Australia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, David dan Brylian tak dipanggil meski Bagus Kahfi dipanggil.

Memang, David dan Brylian sedang dipinjamkan ke NK Pomorac, klub kasta ketiga Liga Kroasia, yang menyulitkan untuk dilakukan pemantauan.

Namun, staf pelatih timnas Indonesia, dan Shin Tae-yong itu sendiri, seharusnya memahami perkembangan dua pemain bertalenta itu di negeri jauh.

David Maulana dan Brylian Aldama sekali lagi harus menyaksikan perjuangan rekan-rekannya dari layar kaca. (Najmul Ula/BolaNas)


manado.tribunnews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama