Strategi Jitu Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia agar Redam Timnas Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

   

STRATEGI jitu Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia agar redam Timnas Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia terungkap. Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji, menyatakan Shin Tae-yong cukup peka melihat hal-hal yang akan menguntungkan timnya salah satunya ditandai perubahan jam pertandingan melawan Irak dari pukul 19.00 WIB menjadi 16.00 WIB.

Diketahui, Timnas Indonesia akan kembali melawan Irak dalam laga lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga itu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 6 Juni 2024.

Shin Tae-yong

Jelang laga itu, Sumadji mengatakan segala hal yang akan menguntungkan Timnas Indonesia jika tidak melanggar aturan akan diupayakan. Hal itu guna membawa skuad Garuda dapat meraih hasil maksimal dalam laga nanti.

Sebelumnya, asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto, menyatakan perubahan jam tayang pada laga Timnas Indonesia vs Irak itu dilakukan berdasarkan analisis timnya. Pasalnya, pemain dari Timur Tengah dinilai akan malas lari jika cuaca panas. Hal itu pun sepertinya akan menguntungkan skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia.

"Itu adalah bagian dari strategi," kata Sumardji di Jakarta, Jumat 31 Mei 2024.


Sumardji mengatakan sebelum memutuskan perpindahan jam laga tersebut, diskusi sudah dilakukan dengan Shin Tae-yong. Hal itu guna mengetahui secara pasti alasan pelatih asal Korea Selatan itu untuk melakukan perubahan jam pertandingan.

"Saya sama coach Shin itu kami sudah berdiskusi lama sekali," tutur Sumardji.

"Saya juga sampaikan ke Pak Ketum PSSI, Erick Thohir, dan akhirnya menyetujui. Ktu adalah bagian dari taktik strategi yang kita jalankan dan itu murni keinginan teknis dari coach Shin," lanjutnya.Dua laga akhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia memang penting bagi Timnas Indonesia. Sebab, mereka punya kans besar untuk lolos ke putaran ketiga saat ini.


Timnas Indonesia hanya memerlukan satu kemenangan lagi saja untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga. Sebab, pasukan Shin Tae-yong tengah menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup F dengan 7 poin, terpaut 4 angka dari Timnas Vietnam yang mengekor di tempat ketiga.



Timnas Indonesia


Selain melawan Irak, Timnas Indonesia juga akan melawan Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Duel melawan Filipina sendiri akan digelar pada 11 Juni 2024.


bola.okezone.com