Latihan Timnas Indonesia di Lapangan B Senayan

Timnas Indonesia yang sedang menjalni pemusatan pemain baru kedatangan satu pemain baru. Dia adalah Calvin verdonk yang akan menjalani sidang Komisi X dan Komisi III DPR RI untuk merampungkan proses menjadi WNI pada Senin 3 Juni 2024 mendatang.

Bek kiri 27 tahun itu terlihat sudah bergabung pada latihan bersama 18 penggawa Timnas Indonesia yang dipimpin pelatih Shin Tae-yong pada Jumat 31 Mei 2024. 


Ketua Badan TImnas Indonesia, Sumardji mengatakan setelah sidang Komisi X dan Komisi III DPR RI, rekomendasi persetujuan ini akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR untuk diambil keputusan. 
Setelah rapat paripurna, Calvin Verdonk akan menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian sang pemain akan mengurus kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga guna mendapatkan paspor. 

Meski statusnya di laga kualifikasi Piala Dunia 2026 belum diketahui secara pasti, Sumardji mengatakan Verdonk mengikuti latihan karena pelatih Shin ingin memantau kondisi sang pemain secara langsung. 

"Saya perlu sampaikan bahwa hari ini Verdonk sudah ikut latihan dengan timnas, memang itu keinginan pak Ketum PSSI tentu atas permintaan Shin Tae-yong agar Verdonk bisa bergabung dan Alhamdulillah pagi ini sudah bergabung," kata Sumardji.

"Tujuannya supaya coach Shin tau kondisi dia, dan bisa menyatu, sambil menunggu proses naturalisasi yang sedang dilakukan federasi," tambahnya. 

Calvin Verdonk merupakan pemain utama dari NEC Nijmegen. Pada musim lalu, ia bermain 40 kali termasuk 33 kali di Eredivisie.

Calvin Verdonk berposisi sebagai bek sayap kiri. Ia akan memanaskan persaingan dengan Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, dan Shayne Pattynama.

Di level internasional, Verdonk yang kini berusia 26 tahun menjadi langganan Timnas Belanda di semua level usia, tapi dia belum pernah dipanggil tim senior. Pada 2014 silam, Verdonk sempat menjadi sorotan setelah mencetak gol indah di pentas Piala Eropa U-17.



viva.co.id