5 Pemain Bintang yang Gagal Ikut TC Timnas Indonesia di Turki, Nomor 1 Bikin Shin Tae-yong Jadi Bahan Omongan!

. (Foto: Instagram/@nadeowinataa)
Berikut 5 pemain bintang yang gagal perkuat Timnas Indonesia di TC Turki. (Foto: Instagram/@nadeowinataa)

SEBANYAK 5 pemain bintang yang gagal ikut TC Timnas Indonesia di Turki akan diulas Okezone. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah mengumumkan 29 nama yang dibawa untuk melakoni pemusatan latihan (TC) di Turki pada 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

Dari nama-nama yang dipanggil terdapat pesepakbola yang baru resmi memegang paspor Indonesia, Justin Hubner. Namun, ada juga beberapa pemain top yang gagal ikut ke Turki karena berbagai alasan. Siapa saja?


Berikut 5 pemain bintang yang gagal ikut TC Timnas Indonesia di Turki:

5. Nadeo Argawinata (Borneo FC)

Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata tampil oke bersama Borneo FC musim ini. Dari 23 pertandingan di Liga 1 1 2023-2024, gawang Nadeo hanya kemasukan 16 gol.

Ia juga tercatat sebagai kiper lokal dengan saves terbanyak di Liga 1 2023-2024 yakni 73 kali. Namun, performa buruk Nadeo saat Timnas Indonesia kalah 1-5 dari Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, disinyalir menjadi alasan Shin Tae-yong tak memanggil kiper 26 tahun tersebut.

4. Rizky Pora (Barito Putera)

Rizky Pora

Rizky Pora memang sudah tak muda lagi (34 tahun), namun secara skill pemain milik Barito Putera ini bisa diadu. Ia tercatat mengoleksi enam assist dari 22 penampilan di Liga 1 2023-2024.

Ketimbang pemain lokal lain, jumlah assist Rizky Pora hanya kalah dari winger Borneo FC, Stefano Lillipaly.

3. Nathan Tjoe-A-On (Swansea City U-21)

Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On gagal memperkuat Timnas Indonesia di Turki karena belum memegang paspor Indonesia. Fullback 21 tahun ini tak bisa didaftarkan karena batas waktu pendaftaran untuk Piala Asia 2023 sudah ditutup pada Minggu, 10 Desember 2023.2. Jay Idzes (Venezia)


Jay Idzes




Nasib Jay Idzes sama seperti Nathan Tjoe, yakni gagal perkuat Timnas Indonesia karena belum memegang paspor Indonesia. Padahal, tenaga Jay Idzes sangat diperlukan untuk memperkuat lini tengah Timnas Indonesia.


Jay Idzes dapat membentuk lini tengah yang kuat bersama Ivar Jenner. Dengan absennya Jay Idzes di TC Turki dan Piala Asia 2023, posisi double gelandang pivot kemungkinan dipercayakan kepada Ivar Jenner dan Marc Klok.


1. Stefano Lilipaly (Borneo FC)


Stefano Lilipaly



Di posisi puncak ada Stefano Lilipaly. Banyak yang menyayangkan tidak dibawanya gelandang berusia 33 tahun, mengingat yang bersangkutan berstatus pemain lokal tersubur di Liga 1 2023-2024 dengan sembilan gol.


Selain itu, Stefano Lilipaly juga berstatus pencetak assist terbanyak di Liga 1 2023-2024 dengan jumlah 11. Alih-alih memanggil Stefano Lilipaly, Shin Tae-yong memilih menyertakan Egy Maulana Vikri (Dewa United) dan Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC).


Karena itu, Shin Tae-yong ramai menjadi omongan di media sosial karena keputusannya tidak menyertakan Lilipaly. Terlepas dari itu, rencananya Timnas Indonesia akan menggelar dua laga uji coba di Turki, yakni bertemu Libya pada 2 dan 5 Januari 2024.


bola.okezone.com