2 Negara Kuat yang Gagal Lolos Piala Asia 2023 Gara-Gara Timnas Indonesia, Nomor 1 Efek Batal Banned FIFA!

   

SEBANYAK 2 negara kuat yang gagal lolos Piala Asia 2023 gara-gara Timnas Indonesia akan diulas Okezone. Timnas Indonesia merupakan satu dari 24 peserta Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah finis sebagai runner-up Grup A babak ketiga kualifikasi. Dalam perjalanannya merebut tiket putaran final, Timnas Indonesia menumbangkan sejumlah negara.

Negara yang ditumbangkan Timnas Indonesia tidak lolos ke Piala Asia 2023. Bahkan karena Timnas Indonesia batal dibanned FIFA, ada negara yang gagal mencuri kesempatan dari skuad Garuda. Lantas siapa saja negara yang dimaksud?

Berikut 2 negara kuat yang gagal lolos Piala Asia 2023 gara-gara Indonesia:

2. Kuwait


Timnas Kuwait

Kuwait merupakan salah satu kekuatan sepakbola Asia. Tercatat Kuwait pernah juara Piala Asia 1980. Selain itu, Kuwait juga berstatus sebagai runner-up Piala Asia 1976.

Namun, keinginan Kuwait tampil di Piala Asia 2023 digagalkan Timnas Indonesia. Bertemu di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Kuwait kalah 1-2 dari Timnas Indonesia!

Kekalahan itu membuat Kuwait hanya finis di posisi tiga Grup A dengan tiga poin dan gagal lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Setelah kegalalan itu, Kuwait mulai bangkit dengan mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0, menahan Bahrain 1-1, serta menumbangkan Filipina (2-0) dan Tajikistan (2-1).


1. Filipina

Timnas Filipina

Jika menurunkan seluruh pemain terbaiknya, Timnas Filipina bisa masuk kategori salah satu tim papan menengah di Asia. Sebab, komposisi skuad Filipina jika 100 persen diperkuat nama-nama seperti Gerrit Holtmann (VfL Bochum), Neil Etheridge (Birmingham City), Raphael Obermair (SC Paderborn), Michael Baldisimo (San Jose Earthquakes), John-Patrick Straus (Hansa Rostock) dan Santiago Rublico (Atletico Madrid).

Sayangnya, pemain-pemain di atas tak pernah merumput berbarengan sehingga hasil yang didapat Filipina jauh dari harapan. Di Kualifikasi Piala Asia 2023, Filipina finis sebagai runner-up Grup B.

Di klasemen akhir runner-up terbaik, Filipina menempati posisi enam, atau kurang satu posisi lagi untuk lolos otomatis ke Piala Asia 2023. Secercah harapan sempat muncul ketika Indonesia terancam kena banned dari FIFA, efek batal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023.

Jika Indonesia terkena banned FIFA, posisi skuad Garuda bakal digantikan Filipina. Namun, kenyataannya Indonesia terhindar dari banned FIFA dan tetap ambil bagian di Piala Asia 2023, sekaligus memupus harapan Filipina.


bola.okezone.com