Piala AFF 2024 Berpotensi Jadi Turnamen Resmi FIFA, Timnas Indonesia Langsung Juara?

   

Piala AFF 2022 yang mempertemukan Thailand vs Vietnam di Stadion Thammassat pada Senin, 16 Januari 2023 malam WIB.

Tak sekadar menyaksikan, pria berdarah Italia itu juga yang menyerahkan langsung trofi juara Piala AFF 2022 kepada tim juara, Thailand. Kelar pertandingan, Gianni Infantino mengungkap sesuatu yang cukup mengejutkan.

Presiden FIFA Gianni Infantino

(Presiden FIFA, Gianni Infantino)

Ia siap menjadikan Piala AFF sebagai turnamen yang masuk ke dalam kalender FIFA. Piala AFF akan mengikuti Piala Asia dan Piala Arab FIFA, dua turnamen yang lebih dulu masuk ke dalam kalender FIFA.

Jika Piala AFF masuk ke dalam agenda FIFA, otomatis poin yang didapat tim pemenang di ranking FIFA bakal lebih besar. Ambil contoh di Piala AFF saat ini, tim pemenang dalam sebuah pertandingan biasanya hanya mendapat satu atau dua poin saja. Namun, jika sudah masuk ke dalam hitungan FIFA, poin yang didapat bisa menembus lima angka.

"Piala AFF harus ditingkatkan menjadi turnamen FIFA. Kami harus memastikan turnamen ini semakin berkembang," kata Gianni Infantino mengutip dari Zingnews.


"Jika kita bekerjasama, saya yakin Piala AFF akan menjadi besar dengan persetujuan FIFA. Turnamen ini memang dianggap sebagai acara penting bagi kawasan Asia Tenggara. Dengan populasi lebih dari 650 juta orang, masyarakat ASEAN semuanya sangat menyukai sepakbola," tegas Gianni Infantino.   

Jurnalis Malaysia, Zulhelmi Zainal Azam, mengomentari ucapan Gianni Infantino. Ia berharap Piala AFF segera resmi masuk ke dalam kalender FIFA.

Timnas Indonesia

“Presiden FIFA Gianni Infantino berhasrat menjadikan Piala AFF sebagai kejuaraan resmi dalam kalendar FIFA seperti dilaporkan beberapa media Thailand, Vietnam dan Indonesia,” tulis Zulhemi Zainal di akun Twitter-nya, @zulhelmizainal1.

Jika Timnas Indonesia yang merumput di luar negeri seperti Elkan Baggott (Gillingham FC), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK) dan banyak lagi otomatis bakal diberikan izin masing-masing klub untuk membela skuad Garuda.

Berhubung turun dengan skuad terbaiknya, peluang Timnas Indonesia menjadi yang terbaik di Piala AFF terbuka lebar. Jadi, akankah FIFA mengangkat Piala AFF 2024 sebagai turnamen resmi FIFA?


bola.okezone.com