Cocok Dinaturalisasi! 5 Pemain Asing Terbaik Liga 1 BRI Indonesia, Ciro, Taise, Maringa OTW Timnas Indonesia

Cocok Dinaturalisasi! 5 Pemain Asing Terbaik Liga 1 BRI Indonesia, Ciro, Taise, Maringa OTW Timnas Indonesia (Facebook @Timnas Indonesia)

Cocok Dinaturalisasi! 5 Pemain Asing Terbaik Liga 1 BRI Indonesia, Ciro, Taise, Maringa OTW Timnas Indonesia (Facebook @Timnas Indonesia)

Hal itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan seluruh talenta yang ada. Jika naturalisasi pemain keturunan di Eropa adalah hal yang sulit, mungkin saja naturalisasi pemain asing terbaik Liga 1 jadi alternatif lain.


Sebagaimana diketahui bahwa proses naturalisasi pemain luar negeri akan memakan waktu yang lama.


Oleh sebab itu, opsi memaksimalkan pemain liga 1, prosesnya akan lebih cepat. Terbaru, evaluasi permainan Timnas Indonesia hanya butuh pemain depan yang haus gol dan tidak malas turun untuk bertahan.

Selain itu, Timnas Indonesia juga butuh sosok kiper yang tinggi untuk mengatasi duel-duel udara dan bisa membantu membangun serangan.


Kiper asal Brazil ini bermain sebagai penjaga gawang untuk Arema FC di Liga 1. Sejak bergabung dengan Arema pada musim 2021 lalu.Maringa mencatatkan rekor yang sangat baik sebagai penjaga gawang asing dengan hanya kemasukan 23 gol sepanjang musim 2021-2022.

Selain itu, ia dinobatkan sebagai kiper terbaik liga 1, bahkan Maringa meraih penghargaan pemain terbaik pada Piala Presiden 2022 usai Arema juara dan mengalahkan Borneo di partai final.


Maringa memiliki tinggi badan sangat standar Eropa yaitu mencapai 194 cm. Duel-duel bola udaranya sangat baik, ia juga bisa bermain pass-to-pass dengan bek.


Hal ini sangat ideal dengan gaya permainan Shin Tae Yong, karena itu Adilson Maringa bisa jadi opsi pemain asing terbaik yang bisa di naturalisasi.

2. Ciro Alves

Pemain dengan nama lengkap Ciro Henrique Alves Ferreira e Silva atau akrab disapa Ciro Alve, adalah pemain kewarganegaraan Brazil, saat ini ia bermain untuk Persib Bandung di musim 2022-2023.


Pada musim 2019-2020 Ciro bermain untuk klub Persikabo. Ia pun mencatatkan rekor yang sangat baik dengan mencetak 14 gol dan 10 assist.

Pemain berusia 33 tahun ini bisa bermain sebagai sayap dan striker, ia punya keahlian dalam mengolah bola yang sangat baik.Kecepatan dan kelincahannya juga seringkali membuat lini pertahanan lawan kocar-kacir. Tak heran, jika ia pernah membela Timnas Brazil U-20 di Piala Dunia.



Ciro Alves sangat pantas dinaturalisasi Timnas Indonesia, karena skuad Garuda butuh tipe penyerang yang haus gol dan punya skill untuk masuk ke pertahanan lawan.

3. Matheus Pato


Berstatus sebagai penyerang Borneo FC, Matheus Pato menjadi bintang di Piala Presiden 2022. Ia mendapat penghargaan sepatu emas sebagai pemain dengan gol terbanyak.

Pato telah mencetak 6 gol dan satu assist dari 7 penampilannya bersama Borneo FC di Piala Presiden 2022.


Saat ini, ia bahkan sedang berada di urutan kedua top skor BRI Liga 1 dengan total raihan 12 gol hanya terpaut satu gol dari David da Silva sebagai pemuncak top skor.

Keahliannya adalah memiliki insting mencetak gol yang baik, selain itu ia juga memiliki kemampuan multiposisi yaitu sebagai striker, sayap kiri dan gelandang serang.

Sebagai seorang striker ia bahkan tidak malas untuk turun ke bawah, saat timnya diserang. Nah, tipe striker seperti inilah yang dibutuhkan oleh Shin Tae Yong untuk membela timnas.

4. Taesi Marukawa



Marukawa merupakan pemain asal Jepang, kini dia bermain untuk PSIS Semarang setelah sebelumnya ia bermain untuk Persebaya Surabaya.

Saat membela Persebaya, ia mencatatkan statistik yang apik di musim 2021-2022. Dia mencatatkan assist terbanyak dengan menyumbang 10 assist bagi rekan-rekannya.


Tapi, bukan hanya catatan statistiknya saja yang bagus, Marukawa juga telah mencetak 16 gol dari 31 penampilannya untuk Bajul Ijo.


Pemain berusia 25 tahun ini juga memiliki rekor yang unik dengan pernah dua kali meraih gelar player of the mounth pada Oktober 2021 dan Desember 2021.

Marukawa memiliki skill dan kecepatan di atas rata-rata sebagai pemain asing. Determinasinya di kotak penalti seringkali menyusahkan pertahanan lawan sebagai pemain sayap.

Ia juga rajin naik turun ke belakang untuk bertahan, bahkan daya jelajahnya juga sangat luas.Karena alasan itulah, mengapa Marukawa sangat cocok bermain untuk Timnas Indonesia.

5. Youssef Ezzejar


Youssef Ezzejari merupakan striker haus gol berkebangsaan Spanyol. Youssef Ezzejari pertama ke Indonesia bergabung dengan Persib Kediri pada musim 2021-2022.

Debutnya bahkan menorehkan rekor sempurna sebagai lima besar top skor BRI Liga 1 musim 2021-2022.


Prestasinya telah mencetak 18 gol dari 31 pertandingan, kini ia bermain untuk Bhayangkara FC. Determinasi dan insting mencetak golnya sangat baik membuatnya sangat layak untuk di naturalisasi.

Itulah 5 pemain asing terbaik di liga 1 yang cocok untuk dinaturalisasi, terlebih saat ini Timnas Indonesia akan perhelatan akbar Piala Asia 2023.***


bondowoso.jatimnetwork.com