Begini Skenario Gila Timnas Kamboja dan Timnas Indonesia Lolos Bareng ke Semifinal Piala AFF 2022

   

BEGINI skenario gila Timnas Kamboja danPiala AFF 2022. Masih ada tiga tim yang berpeluang lolos dari Grup A Piala AFF 2022, yaitu Indonesia, Kamboja, dan Thailand.

Garuda – julukan Timnas Indonesia – menunda kelolosan ke babak semifinal Piala AFF 2022 setelah tertahan dengan skor 1-1 kontra Thailand di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis 29 Desember 2022. Kini, keduanya sama-sama mengoleksi tujuh poin dari tiga laga, namun Thailand unggul selisih gol dari Indonesia.

Timnas Indonesia vs Timnas Thailand

Ya, Gajah Perang – julukan Timnas Thailand – memiliki keunggulan gol +9, sedangkan Timnas Indonesia terpaut satu gol, yaitu +8. Di belakang mereka, ada Timnas Kamboja dengan torehan enam poin.

Ketiganya memperebutkan dua tiket lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Timnas Indonesia berpotensi lolos bareng bersama Kamboja. Namun dengan demikian, berarti Thailand akan gugur.

Skenario ini memungkinkan jika Timnas Indonesia setidaknya meraih hasil imbang kontra Filipina pada partai terakhir. Sebagai catatan, laga tersebut akan dimainkan di kandang Filipina, Stadion Rizal Memorial, pada Senin 2 Januari 2023 mendatang.

Skuad asuhan Shin Tae-yong akan lolos apa pun yang terjadi jika mampu meraih setidaknya satu poin dalam laga kontra Filipina. Persoalannya adalah jika ingin menjadi juara grup, maka sudah sepatutnya menang dengan selisih gol sebanyak mungkin.


Di sisi lain, Kamboja akan menghadapi rival langsung dalam perburuan tiket lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Laga Thailand vs Kamboja akan dimainkan bersamaan dengan Filipina vs Indonesia di Stadion Thammasat pada Senin 2 Januari 2023, dengan kick-off pada pukul 19.30 WIB.Mengingat Angkor Warriors – julukan Timnas Kamboja – tertinggal satu poin dari Thailand di klasemen sementara, maka hasil imbang tidak akan membuat mereka lolos. Hanya kemenangan yang mampu meloloskan mereka ke babak semifinal.

Timnas Indonesia

Jika memang benar demikian, maka Kamboja akan menciptakan sejarah baru dalam sepakbolanya. Sebab, mereka sebelumnya tidak pernah berhasil lolos dari babak grup di Piala AFF.

Di sisi lain, jika Kamboja menang atas Thailand dan Indonesia juga mengalahkan Filipina, maka Garuda akan menjadi juara grup. Dalam situasi ini, selisih gol tidak akan berarti mengingat Indonesia sudah unggul satu poin atas Kamboja di klasemen pada saat ini.


bola.okezone.com