Timnas Indonesia U-17 Resmi Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

   

Timnas Indonesia U-17 resmi gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023. Kepastian itu didapatkan setelah Garuda Muda finis di peringkat ketujuh dalam klasemen runner-up terbaik.

Timnas Indonesia U-17 melakoni laga terakhir Grup B Kualifikasi piala Asia U-17 2023 dengan kepercayaan diri tinggi untuk mengunci status juara grup. Namun, Arkhan Kaka dan kolega malah takluk dengan skor 1-5 dari Malaysia di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022 malam WIB.

Timnas Indonesia U-17

Kekalahan itu memangkas drastis peluang skuad asuhan Bima Sakti untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Sebab, catatan Indonesia menjadi minor dalam klasemen runner-up terbaik akibat kekalahan telak.

Ya, meskipun sukses menang di tiga laga sebelumnya, kekalahan 1-5 dari Malaysia sangat berpengaruh dalam penghitungan akhir klasemen akhir runner-up terbaik. Sebab, hanya dua dari empat laga yang dimainkan oleh Timnas Indonesia U-17 di babak grup ini yang benar-benar dihitung menurut peraturan.

Karena pembagian grup yang tidak merata, dengan adanya beberapa grup berisi lima tim, empat tim, dan juga tiga tim, maka klasemen runner-up hanya menghitung hasil di tiga besar klasemen akhir masing-masing grup. Dengan demikian, maka kemenangan Indonesia atas Guam (14-0) dan Palestina (2-0) menjadi tidak berarti.

Indonesia hanya menang 3-2 atas Uni Emirat Arab (UEA), itu berarti mereka hanya bermodalkan keunggulan selisih gol +1 sebelum laga kontra Malaysia. Namun, kekalahan 1-5 menjadikan selisih gol Indonesia minus tiga (-3).


Hanya laga-laga kontra UEA dan Malaysia yang dihitung dalam klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dengan demikian, Timnas Indonesia U-17 pun finis di peringkat ketujuh.Harapan skuad asuhan Bima Sakti sudah berada di ujung tanduk sejak kekalahan dari Malaysia. Tepat setelah laga berakhir, Indonesia berada di peringkat keenam klasemen sementara runner-up terbaik.

Klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023kemudian, kabar buruk silih berganti datang, dengan kemenangan 2-1 Laos atas Kirgistan dan 2-0 untuk Tajikistan kontra Afghanistan, maka Indonesia terlempar dari enam besar. Garuda Muda berada di urutan ketujuh setelah kedua hasil pertandingan tersebut.

Pada saat itu, Timnas Indonesia U-17 belum sepenuhnya dicoret dari klasemen runner-up terbaik. Namun, mereka perlu berharap agar India dikalahkan dengan skor 0-7 oleh Arab Saudi untuk bisa naik lagi ke enam besar. Sesuatu yang sangat sulit terwujud.

Pada akhirnya, India memang kalah namun dengan skor 1-2 dan tetap lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 selagi Indonesia harus puas finis di peringkat ketujuh. Kini, dengan semua pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 telah dimainkan, Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final.


bola.okezone.com