Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia Lawan Tim Ini, PSSI Beri Bocoran!


Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan telah merencanakan FIFA Matchday selanjutnya akan jauh lebih sulit.

Rencana tersebut tak lepas dari hasil memuaskan yang diraih timnas Indonesia dalam FIFA Matchday pada bulan September 2022.

Pada bulan September 2022, timnas Indonesia sukses dua kali menumbangkan timnas Curacao yang bertengger di posisi ke-84 ranking FIFA.

Pada laga pertama yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (24/9), timnas Indonesia menang 3-2 atas Curacao.

Tiga hari kemudian (27/9), pasukan asuhan Shin Tae-yong kembali meraih kemenangan 2-1 atas Curacao di Stadion Pakansari Bogor.

Di atas kertas, kemenangan tersebut terbilang mengejutkan. Mengingat, saat bertanding timnas Indonesia berada di ranking FIFA ke-155 atau 71 strip di bawah Curacao.

Alhasil, timnas Indonesia menjadi negara tersukses di Asia Tenggara yang berhasil memperbaiki ranking FIFA pada laga persahabatan di bulan September 2022.

Timnas Indonesia sukses naik 3 peringkat ke posisi 152 ranking FIFA.

Hal ini yang menjadi asal mula Shin Tae-yong dan Mochamad Iriawan ingin merencanakan FIFA Matchday ke depannya dengan lebih baik lagi.

Pada tahun 2023, Shin Tae-yong semakin optimis membuat Garuda optimistis memperbaiki ranking FIFA untuk FIFA Matchday.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong meminta PSSI mencarikan lawan yang jauh lebih sulit dari lawan-lawan yang sudah pernah dihadapi mereka selama ini.

Hal ini berarti, Shin Tae-yong ingin melawan negara yang memiliki peringkat di atas timnas Curacao.

Mengingat, timnas Curacao belakangan ini menjadi tim dengan peringkat FIFA tertinggi yang pernah dihadapi oleh timnas Indonesia.

"Tahun ini kami sudah merampungkan pertandingan FIFA Matchday," ucap Shin Tae-yong dikutip BolaStylo dari Bolasport.com.

"Pastinya tahun depan akan dilaksanakan pertandingan (FIFA Matchday)."

"Saya memang mau lawan yang rangkingnya lebih tinggi lagi, agar lebih baik," jelasnya.

Mochamad Iriawan pun mengamini permintaan Shin Tae-yong dengan sedikit membocorkan calon lawan skuad Garuda di FIFA Matchday selanjutnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan bahwa rencananya, timnas Indonesia akan melawan tim dengan peringkat FIFA di sekitar 50-60.

"Untuk lawan kami sedang didiskusikan. Saya kemarin minta lawannya ranking nya lebih tinggi dari Curacao," ujar Mochamad Iriawan.

"Saya meminta di bawah 60 besar. Tapi saya serahkan ke Dirtek dan tim kepelatihan."

"Saya ingin lawan lebih berat dan lebih tinggi nilainya," tambahnya.

Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa timnas Indonesia kemungkinan besar akan melawan timnas dari benua Afrika atau Eropa.

Memang sejauh ini, timnas Indonesia senior telah bertanding 17 kali di laga resmi bersama Shin Tae-yong.

Namun, semua tim yang jadi lawan berasal dari benua Asia dan Amerika, termasuk timnas Curacao yang menjadi lawan terakhirnya.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong dan PSSI perlu mempertimbangkan tim dari Eropa dan Afrika untuk jadi lawan timnas Indonesia di FIFA Matchday berikutnya.

Berbeda dengan timnas senior, Shin Tae-yong pernah melawan tim-tim dari Eropa seperti Bulgaria, Kroasia, Bosnia dan Makedonia Utara saat memimpin timnas U-19.

Saat ini timnas Indonesia akan mengalihkan fokusnya ke persiapan Piala AFF 2022.