5 Besar Tim Asia Cocok Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia


PSSI berencana mencarikan lawan uji coba yang lebih kuat untuk Timnas Indonesia. Adapun lima tim terbaik Asia tampak cocok menjadi lawan selanjutnya bagi Skuad Garuda.

Timnas Indonesia baru saja selesai berkiprah pada agenda FIFA Matchday September. Skuad Garuda melakoni laga uji coba melawan Curacao sebanyak dua kali, yaitu pada Sabtu (24/9/2022) dan Selasa (27/9/2022). 

Laga tersebut tergolong sulit bagi Skuad Garuda. Pasalnya, Curacao menempati posisi 100 besar ranking FIFA. Curacao berada di posisi ke-84, sedangkan Indonesia hanya berada di posisi ke-155.

Hal itu menunjukkan Skuad Garuda kalah kelas dibandingkan tim lawan. Namun, hasil di lapangan justru menunjukkan kejutan. Timnas Indonesia mampu menang tipis 3-2 atas Curacao di laga pertama. Selanjutnya, Skuad Garuda kembali menang 2-1 atas lawan yang sama.

Seusai pertandingan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, terkesan dengan perkembangan positif Timnas Indonesia. Dia lantas menegaskan bakal membawa lawan uji coba dengan ranking yang lebih tinggi di FIFA Matchday selanjutnya.

“Untuk lawan masih kami diskusikan. Saya minta lawannya punya ranking lebih tinggi dari tim saat ini (Curacao). Saya meminta (ranking) di bawah 60 (besar), tetapi saya serahkan ke direktur teknik dan tim pelatih,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Selasa (27/9/2022).

Lima besar tim Asia tampaknya ideal menjadi lawan Timnas Indonesia di agenda FIFA Matchday selanjutnya. Mereka menempati 50 besar ranking FIFA Kelima tim tersebut meliputi Iran (posisi ke-22), Jepang (24), Korea Selatan (28), Australia (39), Qatar (48).

Kelima tim tersebut tentunya memiliki kualitas yang lebih tinggi dari Timnas Indonesia. Skuad Garuda bakal mendapatkan banyak pelajaran berharga jika melakoni laga uji coba melawan mereka. 

Bulan Juni lalu, Timnas Indonesia secara mengejutkan mampu mengalahkan Kuwait dengan skor 2-1 pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Faktor tinggi badan yang berbeda jauh tidak lagi menjadi masalah bagi Skuad Garuda. Timnas Indonesia perlu beruji coba melawan tim kuat Asia agar mampu bersaing dengan lebih baik di level Asia.