Timnas Indonesia Disindir Soal Pemain Naturalisasi: Tak Seperti Vietnam

Instagram Elkan Baggott


Timnas Indonesia yang bakalan mengandalkan pemain keturunan mendapat sindiran dari komentator Vietnam, Vu Manh Hai. Dia bilang kalau hal itu jadi bukti Indonesia sulit mengembangkan pemainnya sendiri, tak seperti Vietnam.

Diketahui, timnas Indonesia memang diprediksi akan bisa diperkuat tiga pemain keturunan, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama pada Piala AFF 2022. PSSI pun saat ini sedang berusaha agar ketiga pemain itu bisa dapat izin dari klubnya main dalam turnamen bergengsi tersebut.


INstagram @sandywalsh

Hal inilah yang disindir oleh Vu Manh Hai. Dia bilang, Indonesia dengan penduduk yang padat, ternyata memilih cara pintas untuk timnas. Kondisi tersebut jadi bukti kalau Indonesia tak memikirkan pencarian bakat.


Instagram Jordi Amat

“Saya pikir sepak bola di negara berpenduduk padat seperti itu tidak fokus pada pencarian bakat domestik. Menaruh harapan mereka pada pemain yang dinaturalisasi, membuktikan bahwa mereka tidak memiliki dasar yang baik. Pemain naturalisasi belum tentu merupakan hal yang baik dan menambah kekuatan abadi sepak bola Indonesia,” ungkap Vu Mah Hai dikutip dari Soha.

Timnas Indonesia Tak Seperti Vietnam

Menurutnya, hal berbeda justru dilakukan Vietnam. Menurutnya, timnas Vietnam tak mau menggantungkan harapan kepada pemain keturunan atau naturalisasi.


AFF

“Seperti Vietnam, kami fokus mengembangkan pergerakan domestik, bukan pada pemain Vietnam atau naturalisasi di luar negeri!” tutup dia.

Football5Star.com